Thursday, 29 August 2013

Tradisi Pengobatan

Pernahkah mendengar kata "suwuk", di desa hal semacam ini pasti sering didengar, tapi sekarang sudah lebih jarang terdengar dibanding dulu.

Tulisan ini kubuat karena aku ingat akan beberapa hal yang menarik dari buku yang beberapa hari lalu kubaca. Tentang tradisi bangsa kita yang sebenarnya sudah sangat maju, dan ternyata kita belum menyadarinya.

Ada ungkapan lucu yang kira-kira begini bunyinya -di negara kita masih ada yang namanya pawang hujan, tapi di barat tidak ada orang yang berprofesi seperti itu.

Dan jauh di waktu moyang kita, banyak penyakit yang diobati melalui medium do'a-do'a, salah satunya yang mungkin masih ada sekarang adalah "suwuk", yaitu membacakan do'a-do'a pada medium, nah air itulah yang kemudian diminum dan dijadikan obat. Dan menurutku jika do'a-do'a itu dipanjatkan kepada Alloh SWT. Dan meminta kepada Alloh atas suatu kesembuhan, insyaAllah bukan syirik.


Menurut ilmu kesehatan hal itu mungkin mustahil terjadi, tapi jika kemudian kita memperdalam ilmu kita, dan kita mau mencari tahu tentang ilmu quantum, hal itu mungkin saja terjadi.

Dalam ilmu quantum bahwa segala sesuatu di jagat raya ini semuanya terhubung, dan ketika kamu punya niat dan kehendak maka seluruh alam semesta akan membantumu untuk mewujudkannya.


"Dan Tuhanmu berfirman: "Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina". (QS. Al Mukmin ayat 60)
An_neke

No comments:

Post a Comment