Monday, 23 September 2013

Rasa Kecewa

Perasaan bentuk yang tak kasat mata tapi tetep bisa dirasakan. Salah satu rasa yang sering mampir dalam hidup adalh rasa kecewa. Kecewa ketika melewatkan suatu hal, kecewa ketika kehilangan sesuatu yang harusnya bisa kita raih... Dan kecewa-kecewa lainnya.

Dalam hidup mungkin kecewa adalah hal yang mungkin sebisa mungkin kita hidari karena rasa itu termasuk salah satu perasaan yang gak enak alias negatif. Tapi, bagaimanapun juga perasaan itu akan hadir ketika saat ia memang perlu hadir. Hadir menyadarkan kita akan beberapa hal, dan hadir untuk menyempurnakan banyak hal dari diri kita.

Betapapun pada kenyataan perasaan kecewa yang datang akan sangat berbekas di sesuatu yang bernama hati, tetap saja kita tidak boleh terlalu mendramatisir, terlalu terfokus padanya, karena pada akhirnya kita sendiri yang akan sakit karena sesuatu yang bernama "kecewa" itu.

Kita hanya bisa brlajar darinya, dengan upaya terus memperbaiki diri tentunya.
An_neke

Friday, 20 September 2013

Secuil Kisah dengan Kopi

Malam-malam enak banget buat kopi, diseduh dengan air panas, dan diberi gula dengan ukuran yang pas sesuai selera. Hmmmmmmm.... Wanginya nyampek kemana-mana. Dalam menyajikannya jangan lupa lepeknya, biar bisa langsung diminum.

Banyak banget filosofi tentang kopi, yang menceritakan banyak hal tentang bagaiman kopi dan lingkup ruang sosial di sekitarnya, bagaimana ia diseduh, bagaimana cara penyeduhan dan menikmatinya berkorelasi dekat dengan karakter, pengalaman hidup dari yang meminumnya. Begitulah kurang lebih yang dijelaskan Andrea Hirata di bukunya, yang menyebutkan panjang lebar tentang warung kopi dan orang-orang di dalamnya.


An_neke

Hari Jum'at Sibuk

Hari ini dari pagi sudah buk menyibuk alias sok sibuk, banyak renacana-rencana yang harus dijalankan, mulai dari nulis lamaran, ngurusi legalisiran di DISPENDUK, cetak foto hitam putih, dan nganterin laparan ke BKD.

Jika dibayangkan cukup muter-muter, karena letaknya yang berjauh-jauhan.

Bayanganku saat akan menuju DISPENDUK adalah antrian yang bejibun banyaknya, berdiri sampek kaki lemes dan tubuh rasanya mau pingsan saja, seperti saat naruh legalisiran. Tapi, alhamdulillah hal serupa tak terulang, antrian sudah gak sebanyak saat hari Selasa kemarin, dan proses pengambilan lebih cepet, karena KK/KTP yang dilegalisir sudah terproses semua. Jadi babak satu dalam episode "hari Jum'at sibuk" ku terlampaui dengan lancar dan gak seburuk bayanganku.

Saat pulang ingin sekalian cetak foto, ehhhh malah suami milih di area deket rumah saja cetak fotonya, padahal dah di area kampus yang pasti lebih murah dibanding harga cetak foto di area rumah. Tapi, karena ngejar urusan cpns an selesai hari ini sesuai rencana, maka dengan sepersepuluh hati akhirnya cetak di area deket rumah meski harga sedikit mahal.

Setelah periksa semua persyaratan, segera setelah dhuhur meluncur ke area pendaftaran cpns, ngisi formulir, trus ikut antri lagi... Antrian tanda bukti pengumpulan berkas sepertinya, dan berita baiknya antriannya sangat banyak. Karena aku baru datang, langsung dah nebak kalau pulangnya pasti agak sore (yang antri dari siang sebelum dhuhur mahhh banyak banget). Pas lagi numpuk berkas di panitia,ehhh ketemu teman sengkatan, jadinya sambil nunggu ngobrol-ngobrol kesana kemari, foto-fotoan, tujuannya cuma biar gak jenuh. Padahal temen-temenku itu sudah berada di sana sejak dari aku masih nyantai-nyantai di rumah, dan tahu nggak??? Mereka belum dipanggil sama panitia, wuuuiiihhhhh... Lha klo mereka yang sudah sedari tadi berada di sana gak dipanggil-panggil terus aku yang baru datang kapan yang dipanggilnya??? "Jangan dibayangkan, cukup ditunggu aja".


Setelah beberapa saat akhirnya temen-temenku dipanggil, dan alhasil tinggal ku bersama-sama dengan orang-orang yang senasib meski banyak yang gak saling kenal, menunggu dengan sabar suara panitia memanggil nama dari salah satu dari kami semua.

Karena aku merasa masih lama nunggu, aku mencari posisi yang enak, dan deket sama speker tempat pemgumuman, dan pemanggilan peserta. Dan tahu kah hal yang mengejutkan, setelah beberapa orang namaku dipanggil sodara... Yuhuuuu... Itu artinya bisa segera pulang, dan gak perlu menunggu selama seperti yang aku bayangkan.

Hari, ini banyak banget kemudahan-kemudahan yang aku peroleh... Terima kasih Ya Alloh...

An_neke

Thursday, 19 September 2013

Rasa Kantuk

Kantuk melanda, di jam-jam segini, tapi masih pengen bertahan, sambil ketap ketip dan mata sedikit merem ngetik kata-kata, ini semua dilandasi atas rasa kangen lama gak nulis di blog yang geje banget ini.

Sepertinya segelas kopi yang paling tepat menemani saat-saat seperti ini, minuman hangat, asal bukan susu aja, karena susu malah bikin mata cepet sinkron sama otak untuk segera melaksanakan keinginan mata untuk terpejam.

Besok hari Jum'at tanggal 20, tanggal ngambil legalisiran di Dispenduk, itu artinya tanggal untuk sudah bersiap diri menghadapi sesuatu yang bernama desak-desakan geje abisssss.

Ya Alloh...
Semoga besok antriannya gak sebanyak saat naruh legalisiran kemarin. Aamiin...
An_neke

Tuesday, 17 September 2013

Tips Mengatasi Kemarahan dalam Diri Kita

Dalam hidup ini, sebagian atau bahkan hampir semua dari kita pernah merasakan yang namanya marah, yang kadang menuntut kita untuk melampiaskannya dengan suara bentak-bentak mungkin atau kadang kita berusaha sekuatnya untuk menahannya.

Nah, berikut adalah tips dari saya untuk mengatasi perasaan dalam diri yang mengakibatkan marah, sehingga energi kemarahan itu bisa tersalurkan dengan baik:

1. Jika ingin marah tahan sebisanya,
2. Langsung cari kegiatan yang bisa mengalihkan kemarahan-kemarahan itu,
3. Nah, akan sangat baik jika kegiatan itu sedikit menguras tenaga, seperti: mencuci baju, piring, ngepel, bersih-bersih, dll yang sekiranya menguras tenaga.
4. Kerjakan pekerjaan-pekerjaan yang mengalihakn itu sampai rasa marah hilang, jika satu pekerjaan selesai tapi masih belum hilang rasa ingin marahnya, kerjakan pekerjaan berikutnya.

Nah, demikian sedikit tips dari saya, semoga bermanfaat, akan sangat lebih baik mengerjakan pekerjaan itu, daripada sekedar marah-marah.

selamat pagi, dan jangan lupa pesan Caesar keep Smile---> keep Smile ^^

Semangat pagi ^^
An_neke

Thursday, 12 September 2013

Dengerin Lagu Favorite

Malam-malam gini pas banget dengerin lagu yang paling ku demeni, apalagi di dengerin pas lagi suasana hening, seperti malam ini.

Sandaran Hati

Yakinkah berdiri,
Di hampa tanpa tepi,
Bolehkan aku mendengar Mu,

Terkubur dlm emosi tak bisa berdembunyi,
Aku dan nafasku merindukan Mu,

Terpuruk ku disini,
Terniaya sepi,
Dan ku tahu pasti, Kau menemani...
Dalam hidupku,
Kesendirianku...

Teringat ku teringat,
Pada janji Mu ku terikat,
Hanya sekejap ku berdiri,
Kulakukan sepenuh hati,
Peduli ku peduli,
Siang dan malam yang berganti,
Sedihku ini tak ada arti,
Jika Kau Sandaran Hati...

Inikah yang Kau mau,
Benarkah ini jalan Mu,
Hanyalah Engkau yang Ku tuju...


Pegang erat tanganku,
Bimbing langkah kaki ku,
Aku hilang arah tanpa hadir Mu
Dalam gelapnya, malam hari ku,

Teringat ku teringat,
Pada janji Mu ku terikat,
Hanya sekejap ku berdiri,
Kulakukan sepenuh hati,
Peduli ku peduli,
Siang dan malam yang berganti,
Sedihku tak ada arti,
Jika Kau lah Sandaran Hati...
Kau lah Sandaran Hati...
Sandaran Hati...


Lagu ini pertama ku dengar di radio malam-malam, dan saat itu aku yang masih belum begitu mengenal dan suka musik langsung seneng sama lagunya. Dan mencari tahu siapa yang nyanyi, bahkan sampai pernah temanku bantuin aku, bela-belain nyatetin lagunya Letto di VCD nya, sampai dibela-belain nge"pause" berkali-kali untuk dapetin tulisan liriknya di layar untuk kemudian di catet, makasih ya Pita sama Wina, teman bangku belakangku waktu di kelas dua belas SMA. Juga teman sebangku ku, Fitria, yang selalu dukung aku pas aku lagi ngefans-ngefans nya sama Letto.
An_neke

Dua Sisi

Iseng-sieng buka jejaring sosial, banyak yang buat status lagi bahagia, bersyukur atas segala kebahagian itu, terus ada juga yang lagi galau lagi sedih, dan sedang berusaha menjalani ujian-ujian hidup.

Ya, dalam hidup memang gak selamanya seneng juga sebaliknya gak selamnya sedih, kata-kata motivasi yang pernah saya dengar bahwa pagi selalu akan datang jika kamu sudah melewati malam yang pekat.

Dan hidup itu selalu dihampiri kebahagian, juga kadang kesedihan. Dua sisi itu juga mungkin yang akan membuat kita semankin mengerti makna dari hidup. Ada pernah denger orang berkata "masalah-masalah yang terjadi dalam hidup itu mengingatkan kita bahwa kita masih hidup, jadi bersyukurlah ketika dihampiri suatu masalah".

Semoga dua sisi itu selalu bisa menjadi lebih dekat dengan Nya. Dan dua sisi itu mungkin memang Alloh persembahkan kepada kita supaya kita selalu mendekat Nya, dengan tidak pernah putus untuk selalu memohon berdo'a kepada Nya.

SUBHANALLOH...

Semoga kita bisa menjadi orang-orang yang selalu bersyukur kepada Nya.
An_neke

Lagu India "Kal Ho Na Ho"

Malam-malam begini dengerin lagunya Kal Ho Na Ho, sambil menyambut rasa kantuk datang. Jadi inget pas jaman-jaman kumpul sama teman-teman, pas malam-malam gini kumpul-kumpul dengerin acara musik India di radio, dan sangat kebetulan sekali banyak yang suka dengan lagu ini, dan sangat menyenangkan sekali karena lagu ini hampir diputar tiap acara karena hampir selalu ada yang reques.

Jaman dulu, belum begitu banyak yang punya hap canggih yang bisa buat nyimpen lagu-lagu gitu. Bahkan masih belum terfikirkan bagaimana cara mengisi lagu-lagu itu ke dalam hp, karena kenal komputer aja pas ada pelajaran komputer ma TIK. Bahkan mungkin saat masa itu aku pertama kali tahu yang namanya flashdisk, karena masih mengandalkan disket. Itu semua pertanda masih sangat GAPTEK, dan sulit untuk keluar dari peradaban lama, alias sulit banget belajar komputer, karena masih sulit dijangkau selain di Lab. Komputer. ^^

Jaman sekarang anak SD aja sudah pada mahir komputeran, laptopan, bahkan fb dan internetan.

Balik lagu Kal Ho Na Ho, lagu yang mellow habis, dan seperti lagu dangdut yang familiar di telinga masyarakat begitu pula lafu India, jadi kalau bicara India hampir banyak nyambungnya sama temen-temen.
Dan, rasa-rasanya tulisannya semakin gak nyambung dari atas ke bawah,hehehe... Alasannya lagi pengen nulis aja.... ^^
An_neke

Sunday, 8 September 2013

Malam di 8 September 2013

BISMILLAH...

Malam yang sunyi di September tahun ini, bukan sunyi hati, tapi memang suasana secara harfiah sepi. Mungkin pada mempersiapkan untuk hari "Senin", yang sekolah mempersiapkan sekolah, yang kerja persiapan kerja, yang wiraswasta sekendaknya mengatur enaknya gimana. ^^

Apa yang spesial di malam Senin??? hmmmm...

Ada lah pastinya...

Saat sekolah dulu, hari Senin berarti hari tugas-tugas siap menanti, hari untuk memulai menemui kejutan-kejutan baru dari hal-hal yang kita temui di sekolah...

Lalu apa artinya hari Senin???

Hari Senin, mungkin juga seperti hari lainnya, hari Senin tiap satu pekan pasti menghampiri kita, dan mungkin hari itu pengingat kita, tempat kita mulai instropeksi diri, sudah jadi apa kita di Hari Senin ini??? Sudah kah kita menjadi pribadi yang berbeda dan lebih baik dari hari Senin yang telah lalu???

Keep slow.... ^^

^Love Monday^
An_neke

Saturday, 7 September 2013

Kata-Kata Menakjubkan dari Buku "Creative Wisdom for Writer oleh Roland Fisherman" yang ku baca 7 September 2013

Buku "Creative Wisdom for Writer" ini sudah ku beli beberapa tahun yang lalu, dan baru hari ini kutemukan kembali di antara buku-buku ku, dan ada banyak kalimat yang sangat menakjubkan yang sayang jika dilewatkan

Aku menulis saban hari tanpa berharap dan tanpa putus asa. (Isak Dinesin)

Jika kamu ingin menulis, tulis dan teruslah menulis. (Buku)

Have fun (buku)

... Jangan cemaskan dirimu. Kamu sudah mampu menulis sebelumnya dan kamu sekarang akan menulis. Apa yang perlu kamu lakukan adalah menulis satu kalimat yang benar. Tuliskan satu kalimat yang paling benar yang kamu tahu. (Ernest Hemingway)

Keinginan afar aman menentang setiap usaha yang besar dan mulia. (Tacitus)

Menulis itu kegiatan mengubah suasana hati. (buku)

Aku memaksakan diriku untuk mulai menulis di saat aku sudah sangat lelah, ketika aku merasa jiwaku setipis kartu remi, ketika tidak ada sesuatu pun yang tampaknya pantas untuk dilakukan untuk 5 menit berikutnya. Dan... Kegitan menulis itu ternyata dapat mengubah segalanya. (Joyce Carol Oates)

Tulislah ide apa saja yang melintas dalam pikiranmu (buku)

Cukup sekian dulu.... Yuhuuuuuu.... ^^
An_neke

Tuesday, 3 September 2013

Belajar untuk tidak Panik ketika Anak Sakit

Anak sakit???? Duhhhh rasanya pengen gantiin sakitnya aja... Yang biasanya ga mau diem, malam diem dan rewel... badan panas, kadang disertai batuk pilek... Hal ini membuat sebagian orang tua, termasuk saya kadang panik.

Apalagi kalau masuk malam hari suhu tubuh anak yang tadi sore dan siang turun naik lagi, semakin malam tambah panas aja... Hal ini tentu membuat panik, terutama yang baru menghadapi hal ini.

Berikut saya ingin berbagi pengalaman, ini hanya pengalaman saya, jika ingin mendapat tips lebih baik silahkan hubungi DSA masing-masing:

1. Kalau punya bayi, balita, dan anak-anak usahakan selalu sedia termometer dan obat penurun panas, mis: paracetamol (banyak merek dagangnya) di rumah, ini untuk jaga-jaga jika tengah malam suhu badan anak tiba-tiba tinggi.

2. Jika suhu badan anak naik, lebih dari 37,5 derajat celcius, kompres hangat anak, dan usahakan untuk memperbanyak minum, ASI atau juga air putih.

Demam, merupakan salah satu bentuk mekanisme tubuh dalam perlawanannya terhadap benda-benda asing yang menyebabkan infeksi, jadi ketika akan terjeadi infeksi, atau ketika ada bakteri dari luar ingin masuk ke dalam tubuh kita maka tubuh kita merespon/ melawan bakteri itu dengan bentuk panas/ menaikkan suhu tubuh.


Sekian tulisan saya, masih sangat banyak kekurangannya, yang lebih lengkap dan jelas tanya ke dokter masing-masing.
An_neke

Semangat Menulis

Suatu hari aku akan melupakan banyak hal tentang masa-masaku, masa sekarang besok, mungkin akan menghilang seiring berjalannya waktu. Karena itu aku ingin mengabadikannya dalam suatu yang bernama "TULISAN".

Aku cukup tahu diri untuk menyadari tulisanku mungkin gak bagus, gak enak dibaca, tapi aku juga sangat menyadari bahwa tulisanku setidaknya sangat berarti untuk...... Mengingatkanku akan banyak hal, akan semangat, akan hal-hal yang kadang aku lupa, akan hal-hal yang menakjubkan yang sayang untuk hanya sekedar dilewati tanpa diabadikan.

Semangat pagi!!! Semangat menulis^^
An_neke

Minum Kopi

Saat bertamu ke rumah seseorang, saat akan disuguhi minuman, terkadang kita ditanyai terlebih dahulu "kopi mbak???" "Mbaknya mau ngopi???" Dan pertanyaan yang serupa lainnya.

Ehmmmm... Aku masih bertanya, apa ada sebagian orang yang gak mau ngopi, atau tidak minum kopi??? Dan mungkin karena wanita, jadi sebelum dihidangkan kopi banyak yang terlebih dahulu bertanya, padahal aku omnivora, apa saja yang disajikan insyaAllah ku makan, asal halal, hehehe... ^^

Ya mungkin bagi sebagian "wedang" atau minuman menjadi bagian dari kebiasaan, jadi minum wedang kopi dan teh menjadi sesuatu yang sangat penting, dalam artian jika sudah membatasi dirinya untuk hanya minum teh maka pasti orang tersebut gak doyan alias anti kopi. Apa mungkin kopi itu seperti rokok, jadi kebanyakan orang rokok suka kopi, dan orang yang gak ngrokok lebih memilih teh sebagai wedang untuk kesehariannya.

Tapi, bagi orang yang gak biasa minum wedang ya gak pengaruh minum kopi atau teh mungkin, hehehe. Karena tidak dijadikan kebiasaan dan hanya dikonsumsi jika kepengen, ya mungkin gak punya pengaruh yang signifikan.
An_neke

Monday, 2 September 2013

Alloh yang Berkehendak

Alloh yang Maha Menjaga,
Maka aku bedo'a kepada Nya...
Menjagaku, keluargaku, teman-temanku, juga bangsa dan negaraku

Alloh yang Maha Pemberi rizqi,
Maka aku memohon kepada Nya...
Atas setiap rizqi yang barokah dan ia ridho'i

Alloh Maha Berkehendak...
Setiap kejadian adalah atas kehendak Nya,
Maka aku bersandar hanya pada Nya

-Lahaula walaa quwwata illa billaahil'Ailyyil'Aadziim-

"Tidak ada daya dan upaya kecuali atas izin Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung"

...Alloohushshomad... (Alloh tempat bersandar/bergantung)


An_neke