Tuesday, 3 September 2013

Belajar untuk tidak Panik ketika Anak Sakit

Anak sakit???? Duhhhh rasanya pengen gantiin sakitnya aja... Yang biasanya ga mau diem, malam diem dan rewel... badan panas, kadang disertai batuk pilek... Hal ini membuat sebagian orang tua, termasuk saya kadang panik.

Apalagi kalau masuk malam hari suhu tubuh anak yang tadi sore dan siang turun naik lagi, semakin malam tambah panas aja... Hal ini tentu membuat panik, terutama yang baru menghadapi hal ini.

Berikut saya ingin berbagi pengalaman, ini hanya pengalaman saya, jika ingin mendapat tips lebih baik silahkan hubungi DSA masing-masing:

1. Kalau punya bayi, balita, dan anak-anak usahakan selalu sedia termometer dan obat penurun panas, mis: paracetamol (banyak merek dagangnya) di rumah, ini untuk jaga-jaga jika tengah malam suhu badan anak tiba-tiba tinggi.

2. Jika suhu badan anak naik, lebih dari 37,5 derajat celcius, kompres hangat anak, dan usahakan untuk memperbanyak minum, ASI atau juga air putih.

Demam, merupakan salah satu bentuk mekanisme tubuh dalam perlawanannya terhadap benda-benda asing yang menyebabkan infeksi, jadi ketika akan terjeadi infeksi, atau ketika ada bakteri dari luar ingin masuk ke dalam tubuh kita maka tubuh kita merespon/ melawan bakteri itu dengan bentuk panas/ menaikkan suhu tubuh.


Sekian tulisan saya, masih sangat banyak kekurangannya, yang lebih lengkap dan jelas tanya ke dokter masing-masing.
An_neke

No comments:

Post a Comment