Saturday, 30 November 2013

Soto di Malam Minggu

Malam Minggu, jalanan rame, para muda-mudi banyak lalu lalang di jalan, kesan itu mungkin jadi salah satu kesan di Malam Minggu. Yang pasti di malam Minggu Alun-alun kota rame.

Malam Minggu ini keluar jalan-jalan sambil belanja. Maksud hati ingin membelikan putri tercinta soto untuk makan malam, tapi ternyata yang di dapat adalah soto rasa kunir ^^. Nyoba beli soto di tempat gak biasa membeli bisa dijadikan pengalaman berharga lah tentunya, terlebih jika ternyata yang kita beli gak sesuai bayangan dan harapan.

Pada akhire putriku tercinta gak doyan sama tuh soto, dan lebih memilih telur goreng buatanku. Tahu gitu kan gak beli sayank... Tapi jadi tahu soto di tempat tersebut begitu, dan mungkin gak pengen beli lagi di sana.

Lagi-lagi, harga pengalam gak selalu gratis^^

Jadilah soto di malam Minggu rasa kunir^^


An_neke

Kisah Cinta di Ujung Desa

Cerita ini sebelumnya sudah ku postkan di blog yang di Wordpress. Ingin menyertakan kisah ini di blog ku ini juga.
.........................................................................

Kisah Cinta di Ujung Desa
Aku menyebutnya kisah cinta, enatah apa pendapat kalian tentang kisah ini. Setuju untuk menggolongkannya dalam kisah cinta atau sebuah kisah tanpa kategori.
Waktu itu aku sedang ngobrol2 dengan seorang ibu2, biasanya orang yang lebih tua dari ibu kita sering dipanggil " dhe" atau "budhe", tapi populer cukup dengan panggilan "dhe".
Ia bercerita banyak tentang anaknya yang sudah besar dan pintar, dan belakangan ku tahu anaknya itu anak adopsi. Dan juga bercerita tentang suaminya, yang kadang sakit. Ia juga bercerita tentang saudaranya yang meninggal karena bunuh diri. Dan inilah sedikit kutipan percakapanku dengannya,
"Mbak," panggilnya sambil bercerita," aneh2 ae ya anak sekarang,.... (Ia bercerita tentang saudarany), wes terus aku ngomong neng pakdhe (suaminya), wes lah pak engko lek mati ojo kareno macem2, mati kereno loro ae yo pak, engko lek mati sampean disik yo pak, lek aku dhisik aku kepikiran sopo engko seng ngrumat sampean[terjemahan: sudahlah pak, nanti kalau meninggal jangan karena akibat yang macam2, meninggal karena sakit saja pak, nanti biar bapak yang mati dulu, nanti kalau aku dulu, aku kepikiran siapa yang merawat bapak nanti,"
Wahhh, sampai segitunya, batinku. Tapi, ini adalah sebuah kisah nyata, sebuah kisah di hari tua.tentang kekhawatiran2 di hari tua, seorang wanita yang setia merawat suaminya yang telah lanjut usia. Aku agak syok ketika dia menyuruh mati duluan, dengan alasan takut tidak ada yang merawat, dan misalnya suaminya meninggal duluan siapakah yang akan merawatnya??? Apa ini salah satu bentuk cinta, dan pengertian yang berlebihan, aku masih belum faham, masih terlalu awam untuk menilai, dan berkomentar.
Cinta seperti apa yang paling mengena di hatimu, kisah romeo dan julietkah, atau kisah nenek kakek kita dengan romansanya menghabiskan hari tua bersama.
Ingin rasanya menangis, mengingat bagaimana dulu mbahnang(panggilan untuk kakek) dan mbok'e (panggilan untuk nenek) masih ada. Aku masih ingat meski waktu itu masih kecil, setiap hari kamis mbahnang selalu mengajak mbok'e ke kemisan (pasar yang tumpah ruah di hari kamis) dengan sepeda unto kesayangannya. Juga ketika kemudian mbok'e meninggalkan mbahnang terlebih dahulu (bahkan aku tidak sanggup menuliskannya untuk saat ini, tentang bagaimana mbahnang amat sangat kehilangan, dan terus merindu mbok'e, sampai kemudian beberapa tahun kemudian +- 4,5 tahun kemudian menyusulnya).
Khususon Al Fatihah untuk mbok'e dan mbahnang...


An_neke









Friday, 29 November 2013

Air Kendi

Wah, lihat kendi di tv jadi ingat sama air kendi... Kangen lagi sama minum air kendi.

Sudah lama sekali rasanya gak minum air kendi, yang pasti sangat seger banget. Pulang sekolah pas masih SD, nyampek rumah langsung disambut sama air kendi, sangat seger-seger sekali.

Sekarang sudah jarang nemu tuh air kendi, kebanyakan pakai ceret dari alumunium atau kalau gak dari plastik untuk wadah air minum, dan air di dalamnya selalu tidak dapat mengalahkan segernya air kendi.


An_neke

Thursday, 28 November 2013

Demy yang Fenomenal

Siapa sich Demy???

Awalnya aku juga gak tahu siapa tuh Demy, sering denger orang nyebut-nyebut namanya. Baru tahu pas liat di TV. Salah satu lagunya yaitu sate wedhus, yang pernah jadi kontrovesi lirik lagunya, juga Asmoro yang liriknya bagus, dan masih banyak lagi lagu-lagunya.

Demy adalah seorang penyanyi, penyenyi banyuwangian yang sekarang sedang fenomenal banget menurutku. Bagaimana tidak, berada di setiap belahan kota jember, hampir bisa selalu mendengarkan lagunya.

Liriknya yang unik, dan mudah diingat, serta suaranya yang khas, dan gayanya yang aneh(jogetannya lucu) di atas panggung mingkin jadi magnet tersendiri bagi para pecinta musik, terutama penggemar musik Banyuwangian. Bahkan suamiku yang jarang dengerin lagu Banyuwangian sekarang malah jadi seneng banget dengerin lagunya Demy.

Pernah juga suatu ketika, temenku chat bahas lagunya Demy ini, yang katanya tetangganya sering banget muter. ^^

Aku juga pernah di nikahannya saudara, dan lagunya Demy juga yang diputer. Mbak ku pernah juga suatu ketika pas jalan dari rumah di gang belakang ke depan dan ternyata hampir semua rumah lagunya Demy yang diputer... Bechhh...

Bisa dibayangkan begitu fenomenalnya Demy. Penyanyi Fenomenal dari Banyuwangi.



An_neke

Buah Cerme dan Kebahagiaan

Waktu kecil dulu ada pohon cerme di deket mushola tempat aku mengaji. Ketika itu jarang banget bisa nemuin pohon cerme ini (sekarang apa lagi). Dan tiap pulang ngaji temen-temanku selalu metik tuh pohon. Aku yang sudah diwanti-wanti/dipeseni sama orang tua untuk tidak makan barang curian jadi takut buat ikut metik. Alhasil, aku ingin selalu pulang ngaji lebih awal dari teman-teman lainnya agar dapat mengambili buah cerme yang jatuh (agar tidak didahului temen yang belakangan), jadi gak perlu metik. Dan ketika bener-bener nemu tuh buah cerme, seneng baget, bahagia banget pas makannya. Padahal rasa buah cerme kan kecut/asem gt, tapi tetep spesial rasanya.^^

Anak kecil, gt ae wes seneng... Enak banget punya kacamata hidup kayak anak kecil, memandang semuanya menjadi begitu sederhana.


Kata orang bijak "kebahagiaan itu sederhana," dan kemudian mungkin kita setelah menyebut diri dewasa yang membuat arti kebahagiaan itu begitu rumit.



An_neke

...???

Kenapa kita diperintahkan untuk menyembunyikan aib sodara kita, alias gak boleh nyebarin aib orang kemana-mana?

Ingat pengajian yang isinya kurang lebih, "Alloh akan menutupi aib seseorang, jika orang itu menutupi aib orang lain?" Nah kan... Jelas banget kita gak boleh gembar-gembor kejelekan orang lain. Apalagi dengan menyebarkannya gak mendatangkan manfaat apapun, dan malah membawa kemudharatan... Na'udzubillah...

Wes, intinya sering-sering jaga lidah.


An_neke

Kerja Keras

Nyari rejeki emang kadang butuh suatu usaha keras. Ada yang belain bangun bagi-pagi buat brangkat ke pasar. Jalan ke pasar yang jauh dari rumah. Sabagian bangun pagi buat jajanan untuk dijual, terus sore harinya masih sibuk ngambil jajanan yang dititipin di warung yang kadang kalu lagi sepi masih sisa banyak, dan kalu ramai bisa habis terjual. Usaha orang macem-macem.

Kagum banget liat orang yang sudah tua masih tetep semangat jualan di pasar, masih semangat jalan buat ke pasar, kadang juga bersaing dengan dagangan jajanan instan. Pernah jumpai mbah-mbah yang jualan krupuk dan karak (nasi kering yang digoreng lagi, terus dibumbui garam sama bawang biasane) di tengah pasar kaget yang kebanyakan jual dagangan jaman sekarang, dari penampilan pasti kalah lah si mbah, tapi toh tekad untuk mencari rejeki tetap kokoh di hati, kata lain dari pantang meminta-minta.

Wah, jadi pengen nyorotin pengemis yang minta-minta di jalan, yang kadang masih lebih muda dibanding mbah-mbah yang ku temui di pasar itu. Dan mungkin penghasilan pengemis itu jauh lebih besar dari mbah yang jualan karak tadi, duhhhhh...

Tapi, tentu saja nilainya beda bukan??? Ketika seorang berprinsip pantang meminta-minta tentu memiliki nilai yang lebih dibanding yang meminta-minta.


Rejeki kan bukan dari banyaknya saja yang penting, tapi juga dari barokah tidaknya.

WaAllohu'alambisshowwab...


An_neke

Tuesday, 26 November 2013

Vakum

Untuk beberapa saat vakum ngeblog itu kadang menjadi sesuatu yang berat. Tapi, sepertinya harus dilakukan karena berbagai alasan...

Vakum dulu^^
An_neke

Monday, 25 November 2013

Sepeda, Angkot dan Sekolah

Dulu waktu sekolah awal-awal rajin banget. Brangkat pukul setegah 7 bahkan jam 6 pagi, semakin lama semakin berani untuk berangkat lebih dari jam itu. Karena sudah bisa memperkirakan waktu tempuh jarah antara rumah dan sekolah. Dan itu berlangsung selama waktu-waktu selah, SD kelas 6, MTs, dan waktu SMA. Rasanya selau lebih seru ketika berangkat mepet-mepet jam masuk sekolah.

Waktu SD, selalu mengatur jam antara bantuin ibu belanja di pagi hari, belajar di pagi hari, dan siap-siap sekolah, dan jam siap-siap sekolah telah ku tetapkan jam setengah itu. Hal itu berarti sebelum jam itu bisa melakukan 2 hal sebelumnya. Ingat banget kalau pas antri belanja di warung beli bumbu-bumbu gt, pokoknya harus lihat jam, kalau jam dh deket sama setengah 7, meski belum dilayani belanjaannya terpaksa pulang, karena harus siap-siap sekolah. Dalam waktu 15 menit aku sudah siap untuk pergi sekolah. Perjalanan antara sekolah dan rumah lumayan membuat waktu tiba di sekolah tepat jam 7, dan itu berarti bertepatan dengan bel sekolah berbunyi.

Waktu di MTs juga begitu, awal-awal bberangkat jam 6 jalan kaki, terus berikutnya jam setengah 7 naik line kuning, waktu kelas tiga berangkat jam jam 06.45 dan jalan tercepat adalah naik ojek...


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Pagi dan Waktu

Pagi, apa pernah merasa malas melakukan sesuatu??? Duhhhhh... Pernah banget pastinya... Hingga kemudian baca tulisan yang isinya bahwa waktu selalu punya hak nya sendiri, punya kewajiban untuk dipenuhi dengan sesuatu yang menjadi hak waktu itu. Jadi kenapa kita tidak boleh menunda pekerjaan, karena saat kita menyelesaikan satu pekerjaan, maka pada waktu berikutnya ada hal lain yang harus kita kerjaan, sesuai dengan hak waktu itu.


^^


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Sunday, 24 November 2013

Banjir dan Cerita

Banjir, selalu menjadi moment yang tak terlupakan, karena memang terjadi hanya di saat-saat mengejutkan, dan pasti di saat hujan.

Dulu waktu masih kecil, banjir selalu menjadi keceriaan tersendiri bagi anak-anak, itu berarti bisa renang cukup di pekarangan deket rumah. Meski banjir pada saat itu gak sampai masuk ke perkampungan warga daerah sekitarku, tapi cukup menggegerkan orang-orang di daerah deket muara suangai. Dan cukup meresahkan para petani yang tentu saja ladangnya terendam. Jadi dapat disimpulkan banjir yang memang hanya akan datang ketika curah hujan sangat tinggi, meski gak tiap tahun, bagi para orang dewasa sungguh sangat meresahkan.

Beberapa waktu lalu, pernah juga ngersain banjir masuk rumah. Semuanya menjadi pengalam yang sesuatu banget. Di hari waktu liburan keluarga, keluar rumah untuk seharian menikmati pemandangan di kebun binatang Ragunan, dan pulang bertepatan dengan hujan deras, mampir ke mall sambil nunggu hujan reda. Setalah reda pulang ke rumah, dan begitu terkejutnya ketika rumah sudah terendam hampir selutut. Saking terkejutnya gak ada waktu buat ngeluh, yang ada aksi langsung menyelamatkan barang-barang. Padahal sebelum-sebelumnya gak pernah begitu. Tapi hal ini cukup mengesankan untuk banjir yang akan selalu di kenang di Cileungsi. ^^


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Kisah Lucu yang Lalu

Jadi ingat pertama kali buat kisah-kisah lucu saat dapat tugas dari guru Bahasa Indonesia SD, Bu Tien. Buatnya pun dalam waktu yang sangat singkat, 30 menit sebelum jam
setengah 7, di hari di mana akan ku kumpulkan, he^^. Ini karena ide itu kemarin-kemarinnya gak muncul dan baru muncul saat-saat deket sama deadline. dalam waktu setengah jam yang singkat itu bahkan aku bisa menuliskan 5 jenis kisah, dari kisah lucu, sedih, mengesankan, dll.



Powered by Telkomsel BlackBerry®

Saturday, 23 November 2013

Sepenggal Kisah (Baca Buku Harry Potter)

Buku Harry Potter hasil karya J.K.
Rowling siapa sich yang kenal??? Waktu SMA sampek kuliah masih demam dan suka banget baca-baca. Awal perkenalan ya pas SMA, teman sekelasku cerita-cerita dan sebagian ada yang pinjam di rental buku. Jadi penasaran, hingga kemudian temanku minjamin aku buku itu, yang didapat dari hasil minjam di temannya yang punya. Alhasil, seneng banget. Gantian sama temen yang juga penggemar berat Harry Potter.

Buku Harry Potter tuh ajaib banget, gak tahu gimana penulisnya bisa menuliskan sesuatu yang bikin ketagihan pembacanya. Bayangkan saja ketika kita membuka dan membaca satu halaman, kita selalu ingin membuka halaman berikutnya, dan hal itu seperti gak bisa berhenti. Pernah samapi suatu waktu, pas malam minggu, karena antrian baca agak malam mulai bacanya, dan hingga tengah malam pun belum selesai, bahkan hingga menjelang pagi pun gak kerasa, dan karena sudah pagi ku lanjutkan setelah tidur sebentar. Hingga pagi nya pun pas hari minggu ku gunakan untuk baca, dan akhirnya selesai, bechhh seperti kekurangan waktu gt, waktu seakan berjalan cepat. Bener-bener bisa membawa pembaca berimajinasi apa-apa yang digambarkan dalam cerita.

Buku Harry Potter tetep top banget cara penulisan dan detailnya.

Dan satu lagi, paling penasaran kisah cintanya Harry, dengan siapa dia akhirnya. Eh ternyata setelah diterbitkan buku yang ketujuh terjawab sudah bahwa Harry sama Ginny, adiknya Ron.


An_neke

Hadist tentang Mata Pencaharian

Sabda Nabi, "Sesungguhnya sebaik-baik mata pencaharian adalah seorang pedagang (enterpreneur)" (HR. Baihaqi)

"Perhatikan olehmu sekalian, sesungguhnya sembilan dari sepuluh pintu rezeki di dunia ini adalah perdagangan." (HR. Ahmad)

Jadi, sudah jelaslah yang mau berwiraswasta, berdagang... Semangat^^


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Friday, 22 November 2013

Aroma dan Bau

Ada banyak hal yang mengingatkan kita akan suatu kondisi atau peristiwa. Ada yang bisa bernostalgia dengan musik, ada juga film, dan masih banyak lagi.

Aku malah bisa bernostalgia dengan namanya aroma, pertama nyadar pas waktu habis dirawat inap di puskusmas, di rumah pakai sabun denagn aroma yang sama pas di puskesmas, jadi ingat waktu pas di rawat, dan itu terus berlanjut bahkan hingga sekarang.

Seperti saat kuliah temenku menggunakan parfum yang aromanya khas, dan ketika aku mencium aroma serupa bisa selalu mengingat sahabatku itu.

Dan yang agak sedikit mengganggu adalah saat aku hamil, hafal banget sama aroma parfum suamiku (secara aku yang milihin), juga aroma parfum punyaku sendiri, dan pas hamil selalu mual mencium aroma parfum-parfum itu. Sampai sekarang menghirup aroma yang sama dengan parfum-parfum itu tetep membuatku merasa mual seperti saat hamil dulu.

Jadi, menurutku selain wajah, rupa, warna, suara, otak kita juga menyimpan aroma dalam memorinya.


An_neke

Sesuatu yang "So Sweet" Pakai Banget ^^

Apa ada hal dalam hidup yang sangat so sweet, banyak sekali tentunya. Ada banyak hal yang membuat kita terkesan dalam hidup ini. Kejutan-kejutan kecil yang akan selalu kita ingat dan kita bawa dalam hidup kita.

Pernah waktu masih duduk di bangku SD, saat hari sabtu tiba-tiba Ibu ku menyuruhku mengambil seragam pramuka yang ada di lemari, dan ternyata seragam baru, itu rasanya seneng banget, pas gak ualang tahun dapat seragam baru.

Pas waktu MTs, dapat hadiah kue tart dari teman-teman sekelas, itu rasanya seneng banget gak terlupakan. ^^

Terus, ada lagi yang tetap ceket/lengket di ingatan, dan tak terlupakan, saat dapat hadiah mp3. Serba gak duga banget, suamiku tercinta pada saat itu, tiba-tiba masangin headset, dan bilang buat kamu biar ada hiburan. Duh... Siapa coba gak seneng dikasi kejutan yang gak terduga gitu... Pas gak lagi ulang tahun ^^

Terima Kasih^^


An_neke

Berdo'a itu...

Berdoa itu...
Kapan saja, jangan nunggu saat habis sholat aja, karena do'a membuat kita semakin dekat dengan Nya, mebuat kita merasa selalu membutuhkan Nya, dan bersandar hanya pada Nya

Berdo'a itu...
GRATIS, dan karenanya meminta apa pun dalam do'a (yang baik tentunya) sangat boleh-boleh saja...

Dan...

Berdo'a itu...
Senjatanya orang Mukmin, karena itu selalu berdo'alah atas apa yang ada dalam hidup kita, atas apa yang kita alami...


Allohusshomad "Alloh tempat bergantung/bersandar"




An_neke

Judul Buku yang Bikin Penasaran | Ternyata Akihirat Tidak Kekal|

Buku ini pertama ku baca saat masih SMA, dan dapat dari minjam dari teman, bukan milik sendiri tentunya. Sebenarnya tahu bukunya Bapak Agus Mustofa itu pertama kali yang judulnya "Pusara Energi Ka'bah", tahu juga pas buku itu ada di perpus. Tapi bener-bener tertarik dan pengen baca pas ada judul buku "Ternyata Akhirat Tidak Kekal" ini.

Sebenarnya sebelumnya pernah ikut dengarkan pengajian kitab, yang bahas tentang kekekalan akhirat, dan saat pengajian dibahas bahwa kenapa akhirat disebut kekal itu adalah karena saking lamanya waktu di akhirat (baca: lama banget, sampek gak bisa dibayangin), tapi tetap saja pada akhirnya semua akan musnah, lenyap, seperti dulu mulanya semuanya tidak ada, karena sudah jelas lah yang kekal di alam semesta ini hanyalah Alloh SWT, Yang Maha Kekal.

Saya belum bisa dengan rinci menjelaskan buku ini. Jika penasaran lebih baik membacanya sendiri.

Pengalamanku waktu membaca buku ini adalah, secara tidak sengaja tuh buku keluar dari tas, dan ketahuan sama ibuku, dan oelh ibu ditegur, beliau berkata, "jangan baca buku yang aneh-aneh", menurutku ya selam kita membaca buku kita juga harus punya filter pada diri kita terhadap apa yang kita baca, tidak serta merta menelan apa saja yang ada di buku. Jadi, buku apa pun, selama dapat meningkatkan taqwa kita kepada Alloh SWT, tidak ada salahnya dibaca, tentu dengan filter yang ada pada diri kita.

WaAllohu'alambisshowab...


An_neke

Panen Semangka

Waktu panen semangka adalah waktu yang sangat menggembirakan, saat untuk mengundang teman-teman sekolah di hari minggu untuk menikmati bersama semangka segar langsung dari pohonnya di gubuk kecil di tengah ladang... Duh senengnya kalau ingat waktu itu. Setiap orang punya kenangan akan banyak hal di masa kecilnya dulu.

Tapi, sejak mbahnang gak ada sudah jarang sekali nanam semangka, karena kalu nanam semangka menjelang hari panen atau ketika semangka sudah mendekati masak gt harus dijagain, dan itu makanya selalu dibangun gubuk sederhana kalau pas nanam semangka. Ya maklum harus dijaga ladangnya deket sama jalan,dan pas sebelahan sama sungai tempat orang-orang nambang pasir, jadi ramai orang-orang terus, ya daripada nimbulkan suudzon ketika ada yang ngambil semangka tanpa izin kan lebih baik dijaga.

Tapi suasana di ladang sudah gak seperti dulu, sungainya sudah jadi semakin dalam, para penambang pasir juga sudah gak ada, karena pasirnya memang sudah gak ada. Tanah ladang juga sebagian terbawa arus sungai yang kadang banjir saat hujan besar. Cuaca yang belakangan gak begitu menentu mungkin yang menjadi pertimbangan untuk menanam tanaman yang gak menimbulkan kerugian ketika banjir datang, dan mungkin salah satunya bukan semangka.

Dan kenangan akan panen semangka waktu kecil bersama teman-teman selalu tersimpan rapi dalam kotak kenangan ku.

Semoga nanti masih bisa reunian sambil manen semangka bersama teman-teman SD ku tercinta.



An_neke

Saat TV Masih Langka

Waktu ku kecil dulu, televisi masih menjadi sesuatu yang sangat langka, tidak setiap rumah punya televisi seperti jaman sekarang. Dan itu yang buat suasana nonton tv hampir selalu rame di saat-saat tertentu. Saat sehabis isya' dan saat hari minggu. Kalau hari Minggu jadi maennya ke rumah yang ada tv nya, ketemu banyak teman, rebutan acara tv.

Karena tv masih langka, maka anak-anak kecil dulu lebih banyak menghabiskan waktu bermain bersama memainkan permainan tradisional anak-anak daripada serius di depan tv.


An_neke

Waktu Kecil (Saat Berdo'a)

Waktu kecil dulu banyak sekali hal yang lucu bila diingat. Suka main ke tetangga, main sama anak tetangga yang masih kecil, bahkan pernah aku gak masuk sekolah sampek kepengennya main.

Ada banyak hal pada masa kecil yang sangat indah untuk dikenang.

Saat kecil dulu, saat guru ngajiku memberi tahu bahwa kita harus berdo'a kepada Alloh, maka Alloh akan mengabulkan do'a kita. Dan bisa dibayangkan implementasinya bagaimana??? Aku selalu berdo'a kepada Alloh "Ya Alloh berikan aku uang yang banyak, dan juga mobil" (dalam bayanganku Alloh akan langsung menurunkah apa yang aku minta dari langit), sampai bener-bener q tungguin pas habis do'a, kok gak turun-turun ya uangnya, ku kira uangnya kan langsung diturunkan ke atas tanganku yang menengadah untuk berdo'a, sungguh lucu sekali kalau ingat waktu itu. Pemikiran anak kecil yang sangat sederhana.


An_neke

Thursday, 21 November 2013

Aku dan Majalahku

Mudik sebentar ke rumah, membuka kembali majalah-majalah yang pernah menjadi koleksiku dulu waktu masih terbitnya. Sekarang sulit nyari majalah Annida, beberapa waktu sempet menghentikan produksi majalahnya yang berebentuk lembaran kertas, dan hanya terbit secara online saja, tapi belakangan dengar lagi sudah terbit lagi dalam bentuk lembaran kertas gitu.

Awal seneng Annida itu pas temanku suka banget baca majalah ini, ia bahkan mengoleksi majalah ini dari yang edisi jadul yang cerpen-cerpen sangat bagus-bagus gt( sekarang juga bangus-bagus). Terus aku penasaran, dan kemudian ikut baca juga majalah teamnku itu, alhasil jatuh cinta sama Annida dengan segala isinya. Sampai kemudian aku ketemu sama temanku sekelas yang juga hobi banget baca Annida. Kita patungan buat beli majalah Annida, biar bisa ngikuti tiap edisi, dan sudah pasti kepemilikan majalah begilir, dan yang baca bisa temen-teman sekelas yang juga seneng banget baca Annida.

Seru banget masa koleksi majalah Annida pas SMA dulu, setelah lulus dan berpisah dengan temanku ngoleksi itu, akhirnya aku nemu tempat yang juga jual majalah Annida di kota Jember, dan kuusahakan ngumpulin uang buat beli tiap edisinya, tapi gak tiap edisi bisa dibeli, he^^. Meski begitu sangat seneng bisa punya beberapa majalah Annida dalam berbagai edisi dan berbagi bacaan dengan teman-teman.


Semoga bisa ngoleksi majalah Annida kembali untuk edisi-edisi ke depannya.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Wednesday, 20 November 2013

"Al Hikam" Buat Aku Jatuh Cinta Lagi dengan Ilmu Hikmah

Awal tahu buku/kitab ini ya pas di pesantren, tapi yang bikin penasaran pas lihat KCB (Ketika Cinta Bertasbih). Waktu Azzam nerangin tentang sifat sombong, sungguh aku sangat penasaran dengan isi buku ini kemudian. Dari penjelasan Azzam itu, sungguh bisa dibayangkan betapa menakjubkannya isi buku ini.

Bagi yang sedang bertanya banyak hal tentang hidup, dan ingin lebih mengenal Alloh, sangat disarankan baca buku ini. Banyak banget hikmah yang bisa kita ambil dari setiap untaian kata-katanya. Tapi, pasti akan sangat lebih afdhol/utama jika disertai penjelasan. Maka buku ini pas jika dibuat pengajian yang dibahas dan diterangkan oleh ustadz yang faham tentang buku/kitab ini. Karena dengan begitu kita bisa lebih tahu isinya.



An_neke

"Quantum Ikhlas" Menyadarkan dan Mengenalkanku akan Lebih Banyak Hal

Buku ini ku beli saat aku masih kuliah di tahun kedua. Sebelumnya sebenarnya sudah pernah baca punya teman saat masih berada di tahun pertama kuliah.

SubhanAlloh banget isinya, bagaimana kemudian kita tahu banyak hal yang belum kita ketahui tentang diri kita. Setelah membaca banyak buku tentang berfikir positif yang ternyata sulit kita realisasikan, ternyata kita sadar ada hal penting lain yang perlu kita positifkan terlebih dahulu yaitu "perasaan". Bisa dibayangkan betapa menakjubkannya buku ini kan???

Buat yang galau akan hidup, akan banyak hal yang bikin pusing, dan lain sebagainya tentang kebingungan hidup, sangat-sangat disarankan baca buku ini.

Semoga yang sudah membaca buku ini, bisa bener-bener menerapkan apa yang ada di dalam buku.

SUBHANALLOH...



An_neke

Latahzan "Buku Motivasi" Pertamaku

Aku suka banget baca-baca majalah, nah suatu ketika ada yang ngeresensi buku ini, sungguh aku penasaran sekali. Kemudian nyari tahu temapt terdekat yang kira-kira menjual buku ini. Maklum di kota kecamatanku jarang ada toko buku yang lengkap. Dan untuk pergi ke kota kabupaten sangatlah sedikit kemungkinan untuk bisa kesana, jika memang tidak bener-bener ada keperluan.

Hingga kemudian, saat uang yang terkumpul jumlahnya telah cukup untuk membeli buku ini, ku beranikan untuk pesan buku di toko yang menjual buku itu. Setelah beberapa hari, aku coba meanyakan pesanan buku "La Tahzan" ini, tapi belum juga ada, hingga beberap minggu kemudian dan akhirnya aku bisa membelinya. Sungguh senang bisa membeli buku dengan uang yang kita kempulkan sendiri dengan waktu yang tidak sebentar.

Setelah membeli dengan senengnya aku sampulin, terus memulai membaca. SubhanaAlloh isinya menakjubkan banget, buat tambah semangat dalam banyak hal, menyadarkan kita tentang "InnAlloha Ma'ana" (Alloh bersama kita).


Buku ini sangat-sangat menakjubkan sekali, bahkan ketika dibaca berulang kali.



An_neke

Buku-Buku Menakjubkan yang Berhasil Ku Beli

Ini adalah buku-buku menakjubkan yang dengan usaha cukup keras akhirnya berhasil ku beli, pengen banget cerita satu persatu perjalanan tiap buku ini hingga sampai di tangan^^


An_neke

Tuesday, 19 November 2013

Kenangan dan Makanan

Ada hal-hal menarik tentang makanan, seperti makanan langganan yang suka kita beli, kue-kue jajanan pasar yang sering kita pengeni. Dan masih banyak lagi.

Waktu sekolah dulu, masih ingat bener, kalau pulang sekolah mampir beli baksonya mbak ndut, yang murah meriah, dijamin dengan uang seribu rupiah bisa kenyang sama tuh bakso. Terus nyel-kenyelnya pak Karto, tak kan terlupakan, setiap istirahat nimbrung di belakang sambil menikmati nyel-kenyelnya Pak Karto. Duh Masa MTs yang tak terlupakan.

Waktu SMA, sukanya jajan ke kopsis, karena dari kelas X sampek kelas XI kelasnya sebelahan, sama hadap-hadapan (kls XI nya) sama kopsis. Jadi dech pelanggannya kopsis. Beranjak ke kelas XII, pindah halauan ke kantin, karena sering ikut sanggar Fisika pagi, jadi kadang sarapan di kantinnya pak Yunus, jajan juga di sana. Jarak yang jauh dari kopsis juga jadi pertimbangan. Jajanan yang paling seru ya cilok lah, kan belinya kalau pas sehabis sholat dhuhur di mushola, pada antri beli di luar pagar sekolah yang jual. Eh pernah suatu ketika kepergok pak guru pas asyik-asyiknya beli lewat pagar sama pak ciloknya, walhasil malu lah sama Pak Guru, ketahuan banget kalau melanggar. Seru banget kalau masalah cilok pas SMA.

Pas kuliah, makanan yang istimewa yaitu nasi pecelnya bu Misrat, sama tempe gorang ma krupuknya, top-top-top markotop dah, nasicampur di pasar bungur juga sangat murah meriah, terus jajanan yang favorit ada cilok mama, sama batagor pasar bungur, trus ada lagi dadar gulung di pasaran pagi depan stasiun, yang isinya pisang coklat, harganya waktu itu 700 an, tp limited banget, kesianagan dikit kadang dah ga ada jajanan sejenis itu.

Tempat dan macam-macam makanan itu selalu mempunyai ceritanya^^



Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tahun 2013 dan Cile

Tahun 2013, rasanya baru kemarin janjian sama tetangga untuk liat kembang api di malam tahun baru 2013, dan sekarang tiba-tiba sudah berada di bulan ke-11 tahun ini, November 2013.

Semuanya benar-benar terasa masih kemarin, jalanan di depan pabrik yang banyak sampah dan bau, pertigaan perum permata Cibubur, pasar Rabu Malam, rumah yang selalu terancam banjir ketika hujan, tetangga yang cuek-cuek, tetangga yang begitu pengertian sampai hampir seperti keluarga, pasar Cileungsi, Ramayana, Giant, gorengan, camilan 2rb an, kawasan industri, bakso depan indomaret, bakso tole, baksonya pakde, jajanan di budhe, sayuran di mamanya Ocha, tokonya Mamanya Zaki, semuanya masih sangat terasa nyata. Obrolan bersama mamah, teteh, Nyai semuanya bener-bener seperti baru kemarin, dan terasa itu benar-benar seakan masih di sekitar. Semua terasa suasana itu berada dekat di sini, padahal jelas secara ruang terpisah oleh bentangan jalan.

Waktu terus berjalan, dan bagaimanapun Cile akan mempunyai tempat tersendiri untuk selalu di kenang.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Pemandu Film

Ada yang tahu apa itu pemandu film??? Pemandu wisata mah sudah banyak yang tahu. Kalau pemandu film, ini mungkin hanya istilahku saja. Hehe^^

Pemandu film itu orang yang kerjaannya liat film yang sudah pernah ia tonton terus cerita dech sama temennya yang juga lagi nonton.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Apa yang Dilakukan Ketika Hati Tiba-Tiba Gundah, Tidak Tenang...???

Perasaan gundah, tidak tenang terkadang muncul. Ya namanya juga manusia biasa banyak galaunya malah kadang. ^^

Sebenarnya pertanyaan di atas bener-bener pertanyaanku, yang kemudian berusaha ku cari jawabannya.

Jadi, ingat tentang "perasaan positif", bagaimana kita sendirilah yang menentukan dan mengijinkan perasaan mana yang singgah di hati kita, yang positif atau juga sebaliknya. Karena itu, sudah jelas kalau perasaan gundah itu kita sendiri yang bisa menghilangkannya, atau menggesernya menjadi perasaan yang lebih baik.

BISMILLAH... ^^
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Jajanan Masa Kecil

Menuliskan tentang masa kecil selalu tidak ada habisnya, karena selalu seperti bernostalgia kembali. Merasa bahwa waktu yang telah bertahun-tahun terjadi itu seakan baru kemarin saja terjadi. Seakan kita telah berjalan bersama waktu dengan sangat cepat, hingga kita sadar kita sudah menyimpan masa kecil kita sebagai kenangan.

Ingat masa kecil, ingat jajanan dulu pas masih kecil. Anak-anak pada masaku pastilah mengenal yang namanya Krip-krip, mie Boyki, fujimie, chiki, tik-tik, mie lidi, dan snack-snack lainnya, sekarang malah lebih banyak jenis makanan ringan sejenis itu. Selain itu ada juga jajanan seperti cilok, tahu bakso, dadar jagung yang dimakan pakek sambel, juga krupuk karak goreng yang pakek sambel. Terus ada juga es dawet pakek roti goreng makannya, atau juga dawet tanpa es. Wes jajanan masa kecil macem-macem, sekarang mungkin lebih macem-macem lagi.



Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tips Menghilangkan Kepenatan

Penat, jenuh adalah hal yang kadang terjadi pada kita. Karena rutinitas yang itu-itu saja membuat kita suatu ketika merasa jenuh.

Jika jenuh apa yang kamu lakukan??? Pernah saat seorang teman bertanya hal itu kepadaku. Ketika jenuh, menurutku melewatinya dan menghilangkannya dengan melakukan hal-hal yang tidak biasa kita lakukan. Misalnya, dulu ketika jenuh dengan buku-buku dan kuliah sahabatku selalu mengajakku jalan-jalan, kebetulan tempat kami tinggal di dekat stasiun, kadang duduk-duduk dan jalan-jalan di stasiun sambil ngobrol-ngobrol, aktivitas yang mungkin ga penting banget, tapi aku selalu suka, entah kenapa itu menjadi suatu hiburan tersendiri ketika jenuh.

Pas waktu jenuh dengan praktek yang berkesinambungan, aku dan sahabatku juga kadang melewatkannya dengan membeli cilok mama di depan masjid Jami' di sore hari, sambil ngobrol-ngobrol. Dan hal itu juga sangat membantu mengatasi rasa jenuh, dan mungkin dalam kata lainnya disebut sedikit refreshing.

Mungkin jika melakukan hal baik yang tidak biasa lainnya juga bisa membantu mengatasi rasa jenuh, misalnya saja membantu orang yang membutuhkan bantuan kita, berjalan kaki ketika kita terbiasa berkendaraan, sambil menikmati setiap perjalanan kaki kita itu, dan masih banyak lagi hal yang bisa membantu kita mengatasi rasa jenuh.



Powered by Telkomsel BlackBerry®

Monday, 18 November 2013

Sepenggal Kata untuk Film "Blind Romance"

Oalah... Ini film judulnya "Blind Romance" to... Setelah sekian lama akhirnya teringat lagi dengan film yang berkesan saat masa-masa dulu ini. Setelah browsing, dapat lah judul film yang pernah selalu ingin kutonton ini, yang sayangnya hanya beberapa kali saja ditayangin di tv setahuku.

Suka banget film ini, masih ingat dulu aku masih duduk di bangku SD atau MTs, entahlah, itu sudah sangat dulu. Kalau tidak salah saat pertama nonton di tv, itu masih SD, dan kedua kalinya saat duduk di bangku MTs.

Film ini sangat-sangat berkesan buatku, sungguh. Ceritanya kalau gak salah tentang kisah cinta seorang (pemuda kaya raya yang diperankan oleh Tony Leung), dan seorang gadis biasa saja. Awal kisahnya sich si pemuda gak kenal sama si cewek biasa ini(kalau ga salah sich profesinya sebagai penjual koran). Waduh banyak lupanya sichh sama ceritanya.

Intinya yang kuingat aja yang kutuliskan, singkat cerita kehidupan si pemuda kaya berubah drastis ketika ia mengalami kecelakaan dan buta, ditinggalkan kekasih yang memang sedari awal ngincar hartanya, kekesihnya malah berpaling pada adik tirinya yang ingin segera menguasi kekayaan si pemuda.

Dan pada saat-saat sulit itulah si pemuda dirawat oleh si cewek biasa itu. Dengan telaten si cewek merawat pemuda itu saat semua orang terdekat si pemuda menolak, menjauhi, dan tak mau mengakuinya. Hingga tiba suatu hari si pemuda berhasil dioperasi, dan matanya pulih kembali, dan itu membuat ia berpeluang mengambil alih kembali perusahaan dan kekayaan yang memang sedari awal memang miliknya. Saat kembalinya ke kehidupannya semula, saat jumpa pers dia mengundang gadis/cewek yang setia menolong dan merawatnya ketika dia sakit. Tapi karena ancaman kekasih pemuda itu, si gadis biasa itu tidak bisa menemui si pemuda kaya itu. Tapi pada akhirnya si pemuda kaya itu mencari dan menemukan gadis yang bener-bener mencintainya, bahkan saat ia kehilangan kekayaannya.

Perjalanan kisah ini, tentu tak sesederhana itu. Aku ingat banget pas adegan si cewek yang ngajak si pemuda pulang ke rumahnya ketika ia masih buta. Ia menunjukkan rutenya lewat hal-hal yang dijumapinya di jalan, mulai dari bus yang dipakai, suara pembangunan jalan, dan suasana jalan yang dilaluinya. Dan itu ia lakukan semata-mata untuk menghibur sang pemuda yang meskipun buta, tapi bisa tahu kondisi sekitarnya. Dan ternyata hal itu juga yang pada akhirnya bisa menemukan si cewek itu, ketika si cewek menghilang. Oh iya ada yang lupa seingatku saat merawat si pemuda, si cewek ga memperkenalkan nama aslinya, karena sebelumnya ada peristiwa yang membuat si cowok tidak begitu menyukai si cewek. Kyaknya begitu. Aduh banyak lupanya aku, soale film ini sudah begitu lama banget. Dan belum lihat lagi di youtube^^

Yang jelas film ini amat sangat berkesan, karena mungkin ini film yang menurutku sangat romantis pada masanya, dan bagiku sampai sekarang menjadi salah satu film terromantis. ^^


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Batagor Pasar Bungur

Batagor, jajanan yang enak dimakan pas lagi anget-angetnya. Dulu pas waktu duduk di bangku MTs, ada penjual batagor yang biasanya mangkal di perempatan dekat sekolah, dan ada seorang temenku yang suka banget jajan batagor itu. Aku sempet penasaran bagaimana rasa batagor itu, tapi hanya sebatas sedikit rasa penasaran itu jadi gak pengen beli, lebih enak dijajanin nyel-kenyel di Pak Karto di sekolah.

Waktu kuliah, temanku ngajak beli batagor, rasanya ternyata kayak tahu gorengnya bakso yang dibumbui kacang gitu. Dan kebetulan sekali temenku seneng ngajak beli batagor di pasar Bungur, jadi dech kalau sudah kepengen batagor, belain pagi-pagi ke pasar bangur cuma buat beli batagor, kalau laper sekalian beli nasi yang murah meriah.

Dan karena itulah batagor di Pasar Bungur selalu mengingatkanku akan masa-masa berburu batagor pas waktu kuliah dulu bersama Ling-Ling, sahabatku tercinta.

Rasa batagor mungkin sama dengan batagor pada umumnya, tapi yang kenangan di dalamnya membutanya terasa selalu istimewa.



An_neke

Sunday, 17 November 2013

Lauk Makan Terpenting

Apa sich lauk makan yang paling penting???

Bahkan ketika makanan begitu menggoda, begitu lezat, jika tidak ada satu hal ini maka akan sia-sia selezat apapun makanan itu.

"Rasa Lapar"

Rasa lapar memang lauk yang paling penting jika kita makan, tanpanya makanan tak akan terasa lezat. Dan dengan rasa itu makanan sesederhana apapun akan terasa sangat lezat.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Jenang Suro

Jadi ingat masa kecil kalau ada jenang suro gini. Dulu waktu masih ngaji di langgar (mushola) kalau pas bulan Muharrom begini selalu rame-rame nakan jenag suro bersama teman-teman.

Jenang suro adalah jenang(bubur) yang dibuat dari beras putih dicampuri santan sehingga gurih rasanya, kemudian diatasnya ditaburi sambel goreng, kacang, ikan, dll. Sudah lama sekali terakhir kali bertemu dengan jenang suro, pas waktu kecil dulu. Kelamaan gak di rumah mungkin, jadi lama ga menjumpai jenang suro.

Pas waktu kecil seingatku, biasane para tetangga gantian buat jenang suro nya, jadi bisa hampir tiap hari makan jenang suro. Karena kalau tetangga buat jenang pasti tetangga lainnya akan diter-teri (dianteri). Tapi tetep paling seru kalau sudah di langgar makan jenang suro bareng teman-teman.




Powered by Telkomsel BlackBerry®

Westside Story

Pengen lihat lagi drama ini, aku suka banget sama scene-scene romantis di dramanya.

Kisah dramanya lupa-lupa ingat, garis besarnya aja ingat, soalnya dulu pertama liat masih MTs, dan itu berarti sekitar 10 sampek 11 tahun yang lalu.

Kisah ini menceritakan kehidupan anak-anak di sebuah kota yang disebut "westside", dimana di sana dipenuhi dengan brandalan, sehingga ada yang menyebut kota brandalan.

Kisahnya berawal ketika seorang pelajar Lan Yu Li (Esther Liu) yang masuk ke kota westside untuk mencari sahabatnya yang hilang, hingga kemudian ia bertemu dengan You Ya Yu (Tony Sun) yang merupakan ketua dari Geng di kota itu, yang kemudian jatuh cinta dengan Yu Li.

Ya Yu menunjukkan rasa cintanya dengan melakukan hal yang unik, seperti:

*saat Yu Li masuk ke kota itu, Ya Yu dengan kasar mengusirnya (padahal ia peduli dengan Yu Li, merasa Yu Li tidak pantas berada di kota yang penuh dengan anak-anak brandal), tapi roamantisnya pas Yu Li naik bis sama Ya Yu diikutin diam-diam mastiin kalau Yu Li sampai di rumahnya dengan aman, meski Yu Li gak tahu kalau diikuti diam-diam sama Ya Yu.

Pokoknya banyak hal-hal romantis yang sangat sederhana dari kisah Ya Yu sama Yu Li ini, dan aku sangat suka. Cintanya Ya Yu gak hanya dibuktiin tuh sama kata-kata, malah lebih menunjukkan dengan tidakannya.

Pengen lihat lagi film ini ditanyangin lagi. :)



Note: menceritakan cerita drama ini menurut cerita yang kuingat, karena cerita ini sudah sangat lama ditayanginnya.







An_neke

Saturday, 16 November 2013

Cita-Cita

"Apa cita-citamu???" Saat duduk di bangku SD atau bahkan TK kita sering menjadikan tema ini ketika ngobrol dengan teman sebaya kita.

"Jadi dokter", "Jadi guru", "Jadi Polisi", "Jadi Tentara", "Jadi Pilot", dll... Kebanyakan anak-anak seusia kita pada saat itu akan menjadi itu.

Kemudian apakah, cita-cita yang selalu diobrolkan itu akan terus dibawa hingga kita tumbuh masuk SD, SMP, SMA, hingga kuliah.

Pikiran kita mempunyai jalannya sendiri seiring berjalannya waktu. Tak jarang ketika melihat dokter yang terlihat hebat bisa mengobati orang sakit, kita ingin jadi dokter, lihat guru begitu hebatnya mengajar kita ingin jadi guru, lihat pegawai kantoran di TV yang pekerjaannya terlihat hanya seputar catat mencatat, ingin jadi pegawai kantor. Anak seusia itu tentu bereksploirasi dengan apa yang ada di lingkungannya.

Setelah kita berada pada usia cukup mengerti, cita-cita kita menjadi lebih rasional dan logis. Beberapa cita-cita kita ketika kecil satu persatu terleiminasi, terbentur dengan banyak, menemukan hal baru yang menjadi cita-cita kita, atau keterbatasan meraihnya. Banyak hal hingga kemudian cita-cita itu terpendam, dan belum pasti kapan kita mau bersedia membukanya kembali, atau malah memilih melupakannya, karena terlalu jauh untuk di raih. Entahlah...

Aku dulu juga punya cita-cita ingin melanjutkan study ke PTN favorit sama seperti teman-temanku, karena terbentur ujin yang tak kunjung didapat akhirnya, memilih menyerah (harusnya kau memperjuangkannya kan), tapi ya begitulah jalan hidup. Saat itu mungkin aku belum begitu mengenal kata memperjuangkan lebih keras, dan justru hal itu membuatku menemukan banyak hal, yang mungkin memang tak terlihat, juga sesuatu yang tak dapat diukur, dan hal itu tentu membuatku kembali untuk bisa merenung, betapa menakjubkannya jalan hidup ini. Pada sisi itu ada rasa penyesalan karena tidak mendapat apa yang kita cita-citakan, tapi di sisi itu juga ternyata kita dipertemukan dengan hal yang sangat menakjubkan.

Dan pada akhirnya kita akan menyadari bahwa "tidak ada yang terjadi secara kebetulan dalam hidup ini, semua telah diatur dan ditetapkan".


An_neke

Malam Minggu dan Sesruput Es Teh

Bagi sebagian orang Malam Minggu adalah malam yang spesial, dan bagi sebagian yang lain biasa aja, atau kadang biasa kadang spesial^^

Dulu waktu masih sekolah malam Minggu adalah malam yang spesial. Waktu SD, spesial karena biasanya malam Minggu nginep di rumah nenek. Waktu di MTs spesial karena sekolah libur, dan artinya bisa nyantai seharian liat tv, atau keluar jalan-jalan bareng teman-teman. Waktu SMA, spesial karena bisa berarti menunggu hari esok yang libur, istirahat seharian, baca komik conan, inuyasha, atau juga baca novel Harry Potter, novel-novel hasil pinjam di perpus. Waktu kuliah, spesial karena rame-rame bareng teman-teman nyuci-nyuci saat malam Minggu, nonton TV yang pada malam-malam lainnya gak bisa nonton. Senengnya malam Minggu.

Dan sekarang Malam Minggu, mengisinya dengan sesruput Es Teh manis dan nulis. Dan tetap selalu menjadi malam Minggu yang spesial. ^^
An_neke

Friday, 15 November 2013

Buku Menakjubkan

Ini adalah salah satu isi kotak ajaibku. Buku favoritku yang isinya sangat-sangat menakjubkan "Orang Maiyah".

Dapatnya buku ini waktu kuliah, waktu itu bareng temen jalan-jalan ke toko buku. Setelah beberapa waktu mengumpulakan uang, akhirnya keturutan jalan-jalan ke toko buku dengan maksud mungkin bisa membeli salah satu buku bagus yang isinya menakjubkan, setalah muter-muter, liahat-lihat isi buku akhirnya jatuh hati sama buku ini "Orang Maiyah", harganya 10rb rupiah, dan isinya sungguh sangat menakjubkan, aku sudah bece berulang kali, karena memang tidak begitu tebal.

Dan karena ukurannya yang tidak terlalu besar juga tidak terlalu tebal, aku bisa memasukkannya ke dalam kotak ajaibku.

Lain kali pengen cerita isi buku ini ^^
An_neke

Kaset ku

Ini adalah hasil dari perjalanan panjang, ngumpulin kasetnya Letto. Dulu pas SMA suka banget sama Letto, awal suka itu pas dengerin lagunya yang "sandaran hati", habis itu nyoba nyari lagu-lagunya yang lain, dan ternyata masih ada "ruang rindu" dan "sebenarnya cinta" yang tak kalah bagusnya.

Aku yang awalnya tidak begitu suka dengerin musik, jadi ketagihan, salah satunya karena sahabatku yang sering dengerin radio, dan aku hampir selalu ikut dengerin, dan akhirnya dipertemukan tuh sama Letto melalui radio.

Selang beberapa waktu aku pengen banget beli kasetnya Letto, dan kesampaian setelah ngumpulin uang (padahal harganya 25rb), namanya juga anak sekolah, jadi jika ingin sesuatu nabung dulu, nyisihin uang jajan.

Tapi sungguh rasanya seneng pada akhirnya keturutan buat ngumpulin kasetnya Letto, jadi klo dengerin lagu bisa langsung liat liriknya, tinggal yang album "cinta bersabarlah" yang belum beli.
An_neke

Thursday, 14 November 2013

Membuka Kotak Ajaibku

Tiba-tiba ingin membuka kotak ajaibku, yang isinya tentang nostalgia masa lalu, lirik-lirik lagu dari kaset-kaset yang dulu dengan usaha keras akhirnya berhasil ku beli, ada kaset nya Letto, ada Opick, dan satu buku favoritku yang sudah berulang kali ku baca...

Ada kata-kata yang sangat indah yang ku temui di lembaran kaset dari albumnya Opick...

Ya Rohman...

Duka ini memanggilku pada Mu
Gemerlap ini juga membawaku kepada Mu
Bukan hening, bukan bising, hitam dan bukan putih
Tapi kehendakmu yang berlaku

Alangkah beruntungnya bila hati mengenal Mu
Bila diri merindu Mu, bila jiwa berharap Mu,
Bila cita-cita hanyalah diri Mu

Tapi sungguh alangkah lemah kaki ini
Alangkah bodoh jiwa ini, tak berdaya, tak berarti
Kecuali dengan kehendak Mu, tak ada yang bisa kuraih

Maka...

Ya Rohman

Kasihanilah kami,
Selamatkanlah kami dengan
Ke MAHA an KASIH Mu

Oleh: Opick


An_neke

Tuesday, 12 November 2013

Kamisama Mau Sukoshi Dake (Precious Time)

Precious time (waktu yang sangat berharga) ini berkisah tetang Masaki Kano yang telah divonis positif HIV dan perjuangannya di tengah masyarakat yang mengucilkannya. Dimuali dari teman-teman sekolahnya, hingga kemudian keluaragnya sendiri mengucilkannya.

Perjuangannya ketika mendapat pekerjaan, dengan status ODHA, padahal dia bisa kan nyembuyiin, tapi ketika wawancara dia selalu ngakui kalau dia terkena HIV (terlihat sekali kalu film ini ingin nunujukin bagaiman pandangan dan perlakuan masyarakat terhadap ODHA) dan bisa ditebak banyak yang menolaknya, walau pada akhirnya ia bisa mendapatkan pekerjaan setelah melalu perjalan panjang tentunya.

Di sini juga diceritakan tentang kisah cinta Masaki dan Keigo Ishikawa (Takeshi Kaneshiro). Keigo adalh seorang musisi terkenal, yang telah kehilangan istrinya karena meninggal, tapi kemudian ia menemukan cintanya kembeli bersama Masaki. Meski Masaki sakit, Kaigo tetap setia bersamanya di saat hampir semua orang di sekitarnya menjauhinya.

Ada adegan-adegan yang berkesan diantaranya:

1. Saat Masaki lari-lari trus mampang poster di atas jembatan penyebrangan saat hujan-hujan, demi agar bisa dilihat posternya ya bertuliskan " I Love Keigo" oleh Keigo yg kebetulan saat itu berhenti.
2. Saat Masaki pidato di depan teman-temannya saat ia sudah divonis terkena HIV.
3. Saat Masaki mencuri poster Keigo di tukang poster pinggir jalan, padahal kan bisa minta langsung sama Keigo, Keigo juga gt malah seru-seruan bantuin Masaki, yang kemudian dilanjutin sama adegan lari-lari (selalu seneng liat Keigo Lari)
4. Saat Keigodatang ke Amerika terus ngejar Masaki yang gak sengaja ia lihat di depan kantornya, eh ternyata ketemunya pas Keigo berhenti di taman tempat Masaki juga berhenti.

Cukup sekian nostalgianya, kapan-kapan pengen lanjut lagi.

An_neke

Monday, 11 November 2013

Takabur dan Teguran

Rasanya baru kemarin sore ibu bilang tentang genteng soadara yang kadang bocor. Dan hal aneh terjadi sore ini, ketika tiba-tiba terjadi kebocoran masal di rumah saat hujan deras. Padahal sebelum-sebelumnya sederas apa pun yang namanya hujan, jarang banget yang masuk ke rumah gara-gara genteng bocor.

Kata ibu, "Mungkin karena kemarin terlalu takabur dan membandingkan genteng rumah kita sama sodara, padahal ya kan sama saja, langsung dapat teguran atas kelalaian akan rasa takabur, astagfirulloh...".

Semoga kita selalu bisa menjaga diri kita dari rasa takabur.


An_neke

Wali Alloh

Pagi-pagi tadi browsing baca-baca tentang Wali Alloh. Dan dari hasil browsingan jadi tahu bahwa kebanyakan atau hampir semua, bahkan mungkin semua wali Alloh yang menyembunyikan identitasnya dari khalayak ramai, dari masyarakat.

Tahu sendiri kan masyarakat kita kalau ada hal-hal yang seperti itu pasti berbondong-bondong untk mendaratanginya, tentu dengan berbagai niat yang berbeda.

Dan seorang wali akan lebih menjaga hubungannya dengan Alloh, daripada mencari nama di masyarakat. Sampai ada Wali yang macak jadi orang gila, hanya untuk menjaga hubungannya dengan Alloh. SubhanaAlloh...

An_neke

Film yang Menakjubkan (KunFayakun)

Pernah liat film yang judulnya "KunFayakun", aku ingin menulis betapa menakjubkannya pesan dalam film ini, ingin menuliskan dengan versiku sendiri tentunya.

Nonton film ini sejak zaman kuliah, film ini mungkin sudah ada sejak zaman sekolah.

Bener-bener menakjubkan film ini.

Menceritakan tentang kehidupan keluarga yang sangat pas-pas an. Ayah yang seorang penjual kaca keliling yang tak jarang mengalami hal tidak diinginkan ketika berjualan, sehingga membuatnya pulang membawa uang dalam jumlah kecil atau bahkan tidak membawa sepeserpun uang. Karena itu, tak jarang sang Ibu meminjam beras ke tetangga. Bahkan terkadang tetangga gak meminjaminya karena sering pinjam.

Hingga suatu hari Sang Ayah berkata, ini kata-kata yang isinya masih kuingat jelas,"Bu, anak-anak, kita telah berikhtiar semampu kita selama ini, mari kita tingkatkan ikhtiar kita supaya keadaan kita bertambah baik, saudara kita juga tidak bisa kita mintain tolong, tetangga kita juga, karena itu mari kita berikhtiar lebih kepada Alloh, kita lebihkan ibadah kita, sholat wajib kita penuhi, kita tambahi sholat-sholat sunnah, hanya meningkatkan ikhtiar ini yang dapat kita lakukan sekarang". (Kurang lebih begitu isinya, seingatku). Dan seluruh keluarga mulai melakukan ikhtiarnya kepada Alloh, dan SubhanaAlloh (KunFayakun) tidak berpa lama setelah itu ada yang nawari Sang Bapak untuk bekerjasama membuka toko kaca yang besar.

Ingat sekali adegan Sang Ibu waktu memotong pita peresmian pembukaan toko kacanya, ia ingat saat ia lapar dan memakan butir-butir nasi dari wadahnya, karena nasinya telah habis dimakan suami dan anak-anaknya (ia mendahulukan suami dan anak-anaknya ketika makan, baru makan setelah semuanya makan).

Film ini sangat mengena banget pesannya, mengingatkan kita tentang bagaimana kemudian segala sesuatu kita kembalikan lagi kepada Alloh, Yang Memberi Hidup, Yang Maha Memberi Rizqi, karena hal apapun di dunia ini gak ada yang mustahil bagi Alloh untuk terjadi. Kun Fayakun.
An_neke

Obrolan Pagi

Saat pagi itu pernah ngobrol-ngobrol sama ibu-ibu, membicarakan harga barang-barang yang terus menurus naik, dan sangat jarang sekali turun.

Ada salah satu kata-kata tetangga saya yang saya ingat waktu itu, "gak papa harga barang-barang naik, asal kita masih diberi kesehatan sehingga mampu untuk mencari rizki."

Ya, rakyat kecil yang berada hampir pada piramida pemerintahan terbawah bisa apa ketika barang-barang naik, kecuali menerimanya dengan lapang dada sambil terus berdo'a kepada Alloh semoga selelu diberi kesehatan sehingga bisa mencari rizki yang halal, dan bersyukur atas yang didapat itu. karena toh kebahagian selalu berbanding lurus terhadap besarnya rasa syukur kita terhadap Alloh SWT. Yang Maha Memberi Hidup.

Semoga Alloh selalu menjaga rasa syukur kita agar tetap ada dalam jiwa, di tengah-tengah pusara yang kadang ingin membuat kita mengeluh. Aamiin...

An_neke

Mitos-Mitos Kebudayaan dan Menyikapinya

Pernah baca primbon atau buku ramalan-ramalan jawa??? Atau pernah dilarang ini dilarang itu oleh mbah, ibu, atau sodara, dengan alasan gak begitu jelas, yang bilang katanya mbah-mbahnya dulu gak boleh gitu, harus gini. Dan masih banyak lagi hal-hal yang semacam itu.

Nenek moyang kita memang mempunyai banyak sekali mitos-mitos, dan beberapa memang mempunyai filososfi tersendiri.

Ya kita memang sebagai anak cucu nya harus juga menjaga itu sebagai kebudayaan kita. Namun terlepas dari itu, ya apa pun itu, dalam konteks apa pun kita kan memang harus mampu memilah mana yang baik dan kita ambil pelajaran, dan mana memang kita anggap cukup sebagai mitos saja.

Seandainya pun kita tahu terhadap filosofi-filosofinya, tetap lah, tidak boleh terlalu taklek terhadapnya. Kita harus selalu ingat, hukum dan ketentuan Alloh lah yang paling utama dan teratas yang harus kita junjung. Jadi, hal apa pun selalu kita kembalikan kepada Alloh SWT. Bahkan kebudayaan apa pun selalu bermuaranya kepada Alloh SWT.
An_neke

Wednesday, 6 November 2013

Sakit dan Antibiotik

Bisa ga ya kalau sakit ga pakek obat???

Bisa... Kalau mau ikhtiar pakek cara lain selain obat ketika sakit, ya pasti ada, kan kata pepatah "kalau ada kemauan pasti ada jalan".

Dan minum obat juga jadi alternatif katika sakit, tapi kembali lagi itu adalah salah satu ikhtiar bukan hal yang menyembuhkan, tetep aja yang menyembuhkan hanya Alloh, Yang Maha Memiliki Kehidupan, juga Yang Memberi Kesehatan.

Ketika sakit ikhtiar pertama sebagian orang pasti meminum obat, atau pergi ke dokter.

Dulu pas masih sekolah ada temenku yang mengatakan padaku bahwa ketika tubuh kita merasa mau sakit maka banyakin makan meski kadang males banget makan, agar tubuh kita kuat melawan penyakit yang menyerang tubuh, dan akhirnya ga jadi sakit, begitu katanya. Setelah itu coba ku praktekin, biar ga nyerah aja ketika sakit mau melanda.

Setelah kuliah, baca sana, baca sini, browsing internet, ternyata memang ketika sakit ga baik jika terus bergantung sama obat... Apalagi langsung konsumsi antibiotik. Karena antibiotik akan digunakan jika tubuh kita memang bener-bener membutuhkan, dan karena itu hasruslah desertai dengan resep dokter.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tuesday, 5 November 2013

Dorama yang Ku suka

Masih pengen cerita banyak tentang dorama yang aku suka... Tapi pengen munculin foto-fotonya dulu.
An_neke

Monday, 4 November 2013

Dorama, Anime pada Masa itu

Zaman aku duduk di bangku MTs dulu banyak ditanyangin dorama-dorama gitu, pas jaman itu k-drama belum setenar sekarang, jadi masih didominasi sama Dorama Jepang yangv sekarang sudah jarang banget bahkan hampir tidak ada di tv (chanel-chanel tv di sini).

Ada beberapa dorama yang kusuka, diantaranya: Kamisama (Precious Time), SOS (Strawberry on The Shortcake), Terms of The Witch, GTO (Great Teacher Onizuka), dll.

Dan aku ingin mengingat momont-moment bersama drama-drama itu. Pengen banget liat di tv lagi, yang sayangnya belum ada lagi yang mau nayangin sekarang.
An_neke