Thursday, 28 November 2013

Kerja Keras

Nyari rejeki emang kadang butuh suatu usaha keras. Ada yang belain bangun bagi-pagi buat brangkat ke pasar. Jalan ke pasar yang jauh dari rumah. Sabagian bangun pagi buat jajanan untuk dijual, terus sore harinya masih sibuk ngambil jajanan yang dititipin di warung yang kadang kalu lagi sepi masih sisa banyak, dan kalu ramai bisa habis terjual. Usaha orang macem-macem.

Kagum banget liat orang yang sudah tua masih tetep semangat jualan di pasar, masih semangat jalan buat ke pasar, kadang juga bersaing dengan dagangan jajanan instan. Pernah jumpai mbah-mbah yang jualan krupuk dan karak (nasi kering yang digoreng lagi, terus dibumbui garam sama bawang biasane) di tengah pasar kaget yang kebanyakan jual dagangan jaman sekarang, dari penampilan pasti kalah lah si mbah, tapi toh tekad untuk mencari rejeki tetap kokoh di hati, kata lain dari pantang meminta-minta.

Wah, jadi pengen nyorotin pengemis yang minta-minta di jalan, yang kadang masih lebih muda dibanding mbah-mbah yang ku temui di pasar itu. Dan mungkin penghasilan pengemis itu jauh lebih besar dari mbah yang jualan karak tadi, duhhhhh...

Tapi, tentu saja nilainya beda bukan??? Ketika seorang berprinsip pantang meminta-minta tentu memiliki nilai yang lebih dibanding yang meminta-minta.


Rejeki kan bukan dari banyaknya saja yang penting, tapi juga dari barokah tidaknya.

WaAllohu'alambisshowwab...


An_neke

No comments:

Post a Comment