Friday, 22 November 2013

Panen Semangka

Waktu panen semangka adalah waktu yang sangat menggembirakan, saat untuk mengundang teman-teman sekolah di hari minggu untuk menikmati bersama semangka segar langsung dari pohonnya di gubuk kecil di tengah ladang... Duh senengnya kalau ingat waktu itu. Setiap orang punya kenangan akan banyak hal di masa kecilnya dulu.

Tapi, sejak mbahnang gak ada sudah jarang sekali nanam semangka, karena kalu nanam semangka menjelang hari panen atau ketika semangka sudah mendekati masak gt harus dijagain, dan itu makanya selalu dibangun gubuk sederhana kalau pas nanam semangka. Ya maklum harus dijaga ladangnya deket sama jalan,dan pas sebelahan sama sungai tempat orang-orang nambang pasir, jadi ramai orang-orang terus, ya daripada nimbulkan suudzon ketika ada yang ngambil semangka tanpa izin kan lebih baik dijaga.

Tapi suasana di ladang sudah gak seperti dulu, sungainya sudah jadi semakin dalam, para penambang pasir juga sudah gak ada, karena pasirnya memang sudah gak ada. Tanah ladang juga sebagian terbawa arus sungai yang kadang banjir saat hujan besar. Cuaca yang belakangan gak begitu menentu mungkin yang menjadi pertimbangan untuk menanam tanaman yang gak menimbulkan kerugian ketika banjir datang, dan mungkin salah satunya bukan semangka.

Dan kenangan akan panen semangka waktu kecil bersama teman-teman selalu tersimpan rapi dalam kotak kenangan ku.

Semoga nanti masih bisa reunian sambil manen semangka bersama teman-teman SD ku tercinta.



An_neke

No comments:

Post a Comment