Tuesday, 17 December 2013

Proyek Ngeblog #JemberIstimewa: Tempat-Tempat Paling Bagus di Jember


Tulisan ini dibuat dalam rangka mengikuti proyek ngeblog #JemberIstimewa

Di bagian Jember manakah tempat-tempat yang bagus pemandangannya?

Hmmm...

Yang pertama menurutku pantai Papuma (pantai pasir putih dan malikan), ombaknya yang tidak begitu besar membuat siapapun tidak merasa takut untuk hanya sekedar mencuci kaki dan bermain ombak, kalau untuk mandi ya bagi yang bisa berenang gak masalah, tapi papan peringatan untuk tidak mandi dipajang di beberapa tempat, jadi berpikir ulang sebelum berenang. Di Papuma juga di bukit yanga ada gazebonya itu juga bagus banget pemandangan laut kalau dilihat dari sana, karena selain bisa liat pantai pasir putih juga bisa melihat pantai Malikan yang ada di sebelahnya. Di pantai Malikan banyak sekali bebatuan yang berbenturan langsung dengan ombak yang enak banget kalau dibuat duduk-duduk, dari pantai Malikan jalan terus lewat jalan kecil yang kalau beruntung bisa ketemu sama monyet-monyet yang rame banget kalau sudah keluar dari gunung.

Pantai Pasir Putih (Papuma)
Bebatuan yang menambah indahnya panorama pantai pasir putih (papuma)

Tempat yang kedua adalah pantai Watu Ulo, yang terletak di Kecamatan Ambulu, letaknya bersebelahan dengan Pantai Papuma, tapi karena beda kecamatan, jadi beda pengelola juga, dan oleh sebab itu bayarnya kalau masuk juga berbeda. Mungkin bagi sebagian orang pemandangan pantai biasa aja, tapi menurutku pantai yang luas dan bisa melihat hampir keseluruh laut itu pantai yang indah banget... Jadi keindahan pantai watu ulo sendiri menurutku karena pantainya yang luas, jadi bisa mandang ke laut lepas.^^

Yang ketiga, kali/sungai di timur rumahku^^. Bagus banget pemandangannya, apalagi dalam rangka refreshing pas banget. Suara riak air, disambut burung yang bersahut-sahutan di hutan yang letaknya tepat di seberang sungai. Kalau misalnya pengen refreshing duduk aja di sekitar sungai, kalau misalnya menjerit di deket sungai gitu, suaranya pasti akan menggema, dan itu jadi suara yang unik, karena menandakan kita berada di tengah-tengah alam bebas.he^^

Di sawah, adalah tempat terbagus keempat, bisa di sawah mana saja tentunya, tapi karena tinggal di Jember, maka sawah yang kumaksud adalah sawah di dekat tempatku tinggal. Sore-sore ke sawah melihat kesibukan para petani yang bersiap-siap untuk pulang, atau juga masih melenjutkan pekerjaannya yang hampir selesai. Yang berkesan di sawah itu anginnya, semilir, yang bisa buat cepet terlelap yang memang berniat tidur. Selain itu suara azdan, iqomah, alunan ayat suci Al Qur'an yang dibunyikan lewat speaker masjid begitu terdengar jelas ketika berada di sawah, terdengar saling bersahut-sahut. Dan semua itu (semilir angin, suasana sore, dan alunan ayat suci Al Qur'an) ketika digabungkan dalam satu paket waktu membentuk suatu harmoni keindahan tersendiri. Dan karena inilah sawah menjadi tempat terbagus menurut versiku. ^^

Yang berikutnya, tempat terbagus itu adalah Rembangan, jika kita gak sampai di area tempat orang liburan (renang, makan, dll), yang termasuk kawasan terjangkau yang tertinggi, maka di area pinggiran jalanan menuju ke Rembangan (area tempat orang liburan) juga bisa kita temukan keindahan, yaitu keindahan dari cita rasa roti bakar pisang coklatnya, jeruk angetnya, dllnya.^^ Nah, jika di area atas, yang ada kolam renangnya, dan masuk dengan berbayar, bisa menemukan keindahan tersendiri, kalau menurutku keindahannya adalah bisa melihat kota Jember dari atas. Kalau kesana kadang tebak-tebakan, di mana rumah kita, di seblah mana kalo dilihat dari atas, selain itu menebak-nebak itu apa yang bisa terlihat dari atas, masjid Jami', atau gedung apa yang tinggi2 yang terlihat dari atas. Dan itu semua adalah keindahan tersendiri.^^


Pemandangan Langit Kota Jember dari Rembangan

 Cukup sekian tempat terindah di Jember ku tercinta^^

Iftina^_^






2 comments: