Sunday, 5 January 2014

Tips dari Para Petani

Kemarin siang saat bersama ibu menyiapakan makan siang, abah cerita hal-hal lucu tentang orang-orang yang bekerja di sawah. Katanya abah, abah diberi beberapa tips, dua diantaranya ada di bawah ini:

1. Tips agar makanan yang dibawa di sawah gak di rubung semut.

Sudah banyak yang nemuin lah kalau di sawah itu banyak semut, wong yang di rumah aja juga banyak kok... Apalagi di sawah, dimana semut bebas mencari makan. Karena itu kalau membawa makanan di sawah biasanya orang-orang pada bingung nyari cantelan, terlebih kalau letak sepeda jauh sama sawahnya, yang berarti gak bisa ditaruh di sepeda (biasanya orang yang ladang atau sawahnya di seberang kali/sungai). Kalau ada pohon biasanya ya dicantelkan di pohon biar gak di rubung semut, tapi kemarin ini abah diberi tips meski makanan di taruh di bawah/ tanah gak kan dikerubungi sama semut, tipsnya sederhana sekali "berilah secuil makanan di sekitar tempat kita naruh makanan kita, jangan banyak-banyak cukup secuil, nah dibagi ke beberapa penjuru, itu tujuannya agar si semut milih ngerubungi cuilan makanan itu dari pada terus berjalan untuk ngerubungi makanan yang ada di rantang, dan bebaslah makanan dari semut."

2. Tips yang kedua adalah tips untuk mencegah sayur santan agak gak cepat bau.

Tips berikut tentu bukan tips yang menggunakan bahan kimia berbahaya untuk jadi pengawetnya, tapi menggunakan suatu yang aman dikonsumsi. Apa hayo yang bisa mencegah supaya sayur santan (lodeh) gak cepet bau??? Hmmmm... Dan ternyata yang digunakan untuk mencegak sayur gak cepat bau adalah "AIR", katanya kalu sayur santan itu dicampur air putih, air yang biasanya kita buat minum itu, maka sayur itu gak kan cepet bau. ^^

Demikian tips-tips lucu yang kudapatkan dari obrolan sederhana saat menata makan siang kemarin.^^


Iftina^_^

No comments:

Post a Comment