Saturday, 31 May 2014

Perangkat Ngeblog

Ini lah hpku... Hp yang ku buat ngepost blog lewat email, untuk browsing, dan otak atik banyak hal di internet ^^.

Belajar dari "Memiliki Kehilangan" - Letto-

Sudah tahu dengan lagunya Letto yang satu ini kan????!!! "Memiliki Kehilangan", berikut lirik lagu tersebut....

Tak mampu melepasnya walau sudah tak ada
Hatimu teyap merasa masih memilikinya
Rasa kehilangan hanya akan ada
Jika kau pernah merasa memilikinya

Pernahkah kau mengira kalau dia kan sirna
Walau kau tak percaya dengan sepenuh jiwa
Rasa kehilangan hanya akan ada
Jika kau pernah merasa memilikinya

....................................

Apa yang makna yang bisa ditangkap dari lirik lagu di atas????

Tiap orang bebas memaknainya sesuai dengan apa yang ditangkap. ^^

.....................................

Memiliki kehilangan,
Rasa kehilangan, hanya dimiliki oleh orang yang merasa memiliki... Begitu sekiranya yang saya tangkap. Namun sayangnya memang kebanyakan dari kita baru merasa memiliki saat sudah kehilangan. Contohnya saja, nikmat terangnya lampu listrik, baru akan terasa saat mati lampu. Nikmat sehat baru terasa saat sakit. Dan masih banyak lagi. Masih banyak nikmat yang kita diberikan kepada kita sekarang, jangan sampai kita lalai untuk bersyukur, hingga kita kehilangan, dan baru menyadari akan nikmat-nikmat tersebut.

Semoga kita bisa selalu menjadi hamba Alloh yang bersyukur.... Aamiin....

Thursday, 29 May 2014

Hujan Deras di Hari yang Panas

Hujan deras di hari yang panas itu seperti air saat kita kehausan,
segerrrrr...

Bisa dibayangkan, panasnya hari ini, yang lebih panas dari hari
kemarin-kemarin, hingga bisa mengeringkan baju tanpa dipress di mesin
cuci hanya dalam waktu sehari saja, bahkan bisa setengah hari kalau
panasnya jadi sangat. Orang bilang "gak umum panasnya". Dan saat panas
menyengat itu tiba-tiba mendung datang menutup matahari, dan turunlah
hujan, yang jelas rasanya... Segerrrrrr

Wednesday, 28 May 2014

Milihin Hp itu...

Milihin hp itu... (Jelaskan menurut pendapat masing-masing setelah membaca uraian singkat tapi panjang berikut ini ^^).

Yang jelas milihin hp itu "sesuatu banget...". Bagaimana bisa sesuatu banget?!! Lha kita milih hp yang bukan buat kita tapi untuk orang yang minta rekomendasi dari kita, tapi rasanya kayak milih hp buat diri sendiri. Browsing sana sini, bahkan aku turut membagi kegalauanku dengan sahabatku Nurul (nuedarkprincess.blogspot.com). Galau kok bagi-bagi???!!! Maaf ya ruel^^, lha bagaimana, aku belum begitu tahu bagaimana spesifikasi hp yang bagus. ^^

Sebenarnya cerita ini dimulai ketika di suatu malam aku bersama keponakan keluar, awalnya aku yang minta anter beli kertas di toko stationery, eh ternyata sebelum nyampek ke tuh toko aku diajak mampir ke counter hp, dan saat tiba di dalam tiba-tiba aku ditanyai, "hp yang mana te?" Lho kok (batinku sambil terkejut), ini yang mau beli hp siapa?, "ayo te, yang mana, pilihkan buatku te, enak yang mana?" Mbak-mbak di counter gencar produk sponsor tuh counter hp, dan keponakanku galau sambil membagi-bagikan kegalauannya kepadaku untuk milih hp. Akhirnya malam itu kusarankan untuk pulang dulu, dan memikirkan sambil cari tahu hp yang seperti apa yang dipengeni dan sesuai budget.

Aku yang gak tahu sama namanya spesifikasi hp tiba-tiba jadi tahu sedikit demi sedikit karena browsing kesana kemari, juga karena dijelasin sama sahabatku Nurul. Akhirnya setalah browsing lebih dari sehari, aku mendukung keponakanku untuk milih hp s****** S6*** (atas saran sahabatku, Nurul, jugalah aku banding-bandingkan dengan hp merek lain dengan harga kisaran segitu). Keponakanku akhirnya ikut dengan pilihanku. Cerita ternyata gak selesai di situ.

Saat perjalan bersama suami, untungnya hujan dan membuat kami (aku dan suami) ngiyup, ternyata ada bbm dari keponakan yang bilang mau beli hp merek A, yang harganya ternyata hampir sama dengan hp rekomandasiku dan nurul jika bugetnya lebih (bukan hp pilihan di atas), spesifikasinya bagusan hp rekomendasiku, dibanding hp merk A tersebut. Setelah bbm lumayan panjang, dan diakhiri dengan kata,"kata ome jangan milih hp A, milih yang merek ... (Yang kataku) aja,". Akhirnya keponakanku milih hp rekomendasiku dan Nurul juga suamiku yaitu hp S******* *al*a** *c* 3, yang memang sudah sangat canggih menurutku dengan budget yang ada.

Semoga hpnya bermanfaat, dan bisa dimanfaatkan kecanggihannya untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat... Aamiin...



Anum

Kalimat Penyejuk Hari Ini ^^

"Begitu banyak yang telah diberikan kepada saya. Saya tidak punya wakru untuk menyesali apa yang tidak saya miliki." (Hellen Keller)


Sumber gambar: folktalesnusantara.blogspot.com
Anum

Sabar, Sabar, dan Sabar

Sabar, sudah sering dengarlah kata itu, bahkan hal tersebut sangat melekat dalam kehidupan kita sebagai manusia biasa, yang dalam hidup gak lepas dari yang namanya diuji, diuji dari hal-hal kecil, sampai ke hal-hal yang besar. Jadi, ingat suatu kalimat yang pernah ku baca, kalau gak salah di "special thanks" nya albumnya letto, begini kurang lebih yang ditulis oleh Noe Letto: "special thanks buat: patah hati, frustasi, sakit jiwa, putus asa, rindu, kecewa, dll. Kalian ngingetin terus kalau aku masih hidup."

Cuap-cuap dia atas membuka entah banyak atau sedikit akan pemahaman kita terhadap sesuatu yang bernama hidup, dan sesuatu yang ada di dalamnya yaitu masalah. Yang jelas, orang hidup, gak akan pernah lepas dari namanya masalah, terlepas itu diterima dengan hati lapang, atau tidak, terlepas itu dianggap anugerah atau musibah. Dan sabar adalah bekal untuk menjalaninya, sabar bukan berarti diam saja lho, sabar itu berusaha nyelesaikan dengan hati yang lapang, gak nggrundel. ^^

Muter-muter ngalor ngidul, sebenarnya aku mau sedikit bercerita tentang hpku, email, dan blog (curhat). Aku suka banget posting tulisan di blog via email (karena keterbatasan media, ada laptop, ada modem, tp modemnya kehilangan perangkat terpentingnya yaitu wadahnya SIM card, jadi belum bisa dipakai sampai sekarang. Kenapa gak beli lagi? Beli?!!! Hemat, alasan pertama, yang kedua, ini adalah modem ketiga yang kami miliki, yang pertama rusak karena kesalahanku,lupa mematikan saat selesai memakainya, yang kedua CDMA, dan sinyalnya susah di tempatku, yang ketiga ya modem ini, GSM, dan enak makainya waktu masih di Bogor, dibawa pulang ke Jember eh belum nemu operator yang sesuai, sesuai harga dan apa yang didapat. Jadilah, sementara ngenet menggunakan hp, dan karena itulah segala sesuatu yang kulakukan adalah sesuatu yang bisa diakses oleh hp). Meski begitu cukup praktis menurutku, saat pengen posting tinggal buka hp, kekurangannya hanya pada hal yang berhubungan dengan edit mengedit, dan penempatan foto dalam blog, semua itu jika ingin sesuai keinginan hanya bisa dilakukan lewat hp Android, atau lewat laptop dan modem. (Panjang banget curhatnya)

Karena suatu hal terjadi dengan hpku, jadilah kotak surat emailku ilang, dan itu berarti gak bisa ngeblog (pengen nangis rasanya). Hingga akhirnya, aku kembali, kembali ke hp dari suamiku, yang memang lebih enak pemakaiannya, hanya saja juga sedang error, karena trackpadnya kadang mecet, kalau sudah begitu hanya bisa diem saja, nunggu gak error. Tapi, ternyata hal yang terakhir itulah yang kupilih, karena memang itu satu-satunya cara untuk bisa ngeblog kali ini, dengan sedikit kesabaran menanti trackpad gak macet, berhasillah posting lagi di blog. Alhamdulillah...

Kenapa terus postinganku judulnya,"sabar, sabar, dan sabar." Ya karena untuk mengingatkan pada diri sendiri pentingnya hal itu, dengan sedikit rasa "sabar" masalah trackpad gak akan menghalangi mengakses blog, dll.


Sumber gambar: kopioshimi.blogspot.com

Anum

Tuesday, 27 May 2014

Cerita di Pagi Hari

Pagi hari, selalu banyak cerita. Jadi ingat banyak cerita saat masih kecil tentang pagi hari.

Di desaku, seringkali anak-anak nginep di mushola/langgar saat hari libur, pulangnya habis sholat subuh sambil jalan-jalan menghirup udara segar di pagi hari. Moment rame-rame bersama teman-teman saat masa kecil, kadang juga sambil jalan-jalan nyari buah-buahan yang jatuh dari pohonnya, paling enak kalau lagi musim mangga, bisa dapat mangga mateng yang jatuh dari pohonnya. Hal-hal yang tak terlupakan saat masa kecil dulu.

Saat masa kecilku dulu, menu sarapan juga gak seperti sekarang, junkfood-junkfood seperti sekarang pun anak-anak jaman sak mono (jaman itu) gak kenal, bahkan dari tv pun tidak (maklum tv nya masih hitam putih). Yang sering sarapan sama sego urap, sego karak diurap, tiwul, gaplek, nasi goreng, dan makanan ala kadarnya lainnya. Lauknya krupuk kromoleo (yang terbuat dari pohong), sambelnya sambel trasi, sudah enak sekali itu. Aku ingat suatu hal tentang nasi goreng saat kecil, saat aku ke rumah emak (tetanggaku), emak sedang goreng nasi, nah kata anaknya seneng banget sama intipnya, jadi kalau buat nasi goreng yang ditunggui intipnya. Dan suatu ketika saat ibuku goreng nasi, aku beneran nungguin nasi goreng itu ada intipnya, pengen merasakan intip nasi goreng juga, dan ternyata rasanya memang uenak... bumbunya kerasa banget kalau di intipnya ^^.

Masa kecil memang selalu tak terlupakan, banyak hal-hal di masa itu yang tidak kita temui di masa sekarang.


Sumber gambar: baktipemudanusantara.org
Anum

Monday, 26 May 2014

Sama walau tak Direncanakan

Aku dan suami memiliki beberapa kaos yang sama, dapat dari family gathering, jadi bukan kaos couple khas anak muda ^^. Yang lucu adalah ketika memakai kaos itu sering kali meski gak janjian atau direncanakan kita makai baju kembaran. ^^


Anum

Sunday, 25 May 2014

Gigi Cenat Cenut, ini Solusinya

Masih ingat nggak dengan pertanyaan iklan yang kurang lebih begini isinya,"sakit mana sakit gigi sama sakit hati???", beberapa survei malah bilang lebih sakitan sakit gigi, nah lho... Bisa dibayangkan gimana sakitnya yang namanya sakit gigi kan??? Cenat-cenut, makan gak enak, buat gerak gak enak, buat ngomong, dan yang bisa dilakukan hanya berdiam diri saja, itupun masih terasa cenat-cenut.

Yang lagi sakit gigi, coba dech tips mengurangi rasa cenat-cenut seperti berikut ini:

Siapkan air hangat, dan tambahkan garam secukupnya, dan buatlah untuk berkumur, biarkan air di dalam mulut kurang lebih 30 menitan, lakukan beberapa kali, sampai terasa berkurang sakitnya. Ulangi siang hari, sore hari, atau malam harinya, saat gigi mulai cenat-cenut lagi. Ini juga bisa untuk ibu hamil, maupun menyusui, mengurangi rasa sakit pada gigi dengan tanpa obat kimia.


Sumber gambar: www.raniistanti.wordpress.com


Anum

Tips Mengatasi Batuk dengan Ramuan Herbal

Banyak sekali tentunya artikel-artikel yang membahas tentang khasiat jeruk nipis, yang salah satunya adalah meredakan batuk. Saya adalah salah satu yang memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat batuk anak.

Ketika anak saya batuk, saya tidak langsung membeli obat-obat kimia, saya lebih memilih menggunakan obat herbal yang di buat dari perasan jeruk nipis, yang diberi kecap atau madu. Saya memilih obat herbal karena memang lebih tenang dan merasa lebih aman, meminimalisir obat kimia masuk ke dalam tubuh.

Memakai jeruk nipis plus kecap sebagai obat batu, salah satu hal yang perlu diperhatikan selain kebersihan tentu saja kesabaran, karena memang akan terlihat setelah 1-2 harian effeknya pada meredanya batuk. Tapi, insyaAlloh manjur banget resep obat herbal ini.

Jadi, kalau batuk jangan bingung kemana-mana, langsung aja nyari jeruk nipis dan kecap/madu sebagai pemanisnya.




Sumber gambar: www.st4rnews.blogspot.com
Anum

Pilihan dalam Hidup

Tadi pagi-pagi sekali aku bersama putri kecilku belanja, di perjalanan pulang kami berpapasan dengan seorang nenek penjual sayur yang memikul barang dagangannya (sayuran) di atas kepala. Mungkin mengejar waktu sampai ke pasar, nenek tersebut makan hongkong, sejenis gorengan yang terbuat dari tepung cambah dan wortel, sambil berjalan. Meski sudah tidak muda lagi nenek itu semangat sekali bekerja, memikul barang dagangannya yang mungkin tidak ringan. Jadi, ingat suamiku jika bertemu dengan seorang kakek atau nenek yang semangat bekerja memikul barang dagangannya sambil berjalan padahal yang muda-muda sudah memakai sepeda motor untuk ngangkut barang dagangan, suamiku membandingakannya dengan orang yang minta-minta dan terkadang usianya jauh lebih muda dibanding nenek yang jual sayur yang kami temui itu. Seharusnya orang yang meminta-minta itu melihat dan mencontoh kerja keras nenek penjual sayur itu, hasilnya mungkin gak sebanyak waktu meminta-minta, tapi nilainya tentu berbeda.

Hidup itu pilihan, menjadi pekerja keras meski kadang hasil gak sebanding dengan keringat yang dikeluarkan atau menjadi orang yang meminta-minta itu pilihan, setiap pilihan ada kosekuensinya. Ya kosekuensinya.

Malam Ahad

Malam ahad, atau lebih sering kita sebut Malam Minggu, ngapain aja ya enaknya??? Hmmmm...

Di tengah malam yang sepi, saat orang-orang terlelap dan mungkin yang belum sedang persiapan menuju ke terlelap, aku malah terbangun, dan pengen melakukan banyak hal (beberapa saja sebenarnya), ngeblog, membaca sedikit, dan menulis sedikit. Lho kok sedikit??? Hehehe... Karena masih mau lihat artis nyanyi setelahnya, mau download videonya Hyorin yang Hello, Goodbye... Terus banyak wes... Sedang dilanda demam korea gara-gara misi menuntaskan nonton drama korea selama di rumah (baca: kampung halaman) telah rampung. Dan saatnya meriview dalam kata dimana-mana. Hehehe...

Selamat malam...

Yang menunggu pagi, Selamat pagi...

Selamat beristirahat di akhir pekan ^^

Anum

Friday, 23 May 2014

Malam di Sumberejo

Malam di Sumberejo, desaku tercinta, kampung halamanku, tempat kenangan masa kecilku berpendar.

Letaknya di bagian paling selatan kabupaten Jember, kecamatan Ambulu, pantai Watu Ulo masih bagian dari desaku ini.


Anum ^^

Wednesday, 21 May 2014

Tempat Favorit Membaca

Ini adalah tempat membaca terfavoritku, di dekat jendela yang mengarah pada pekarangan samping rumah. Dari kecil sampai sudah menikahpun paling seneng menikmati pemandangan di sana, saat hujan, saat pagi, siang, sore, dan saat membaca paling seneng di sana.

Di deket jendela tersebut ada dipan dan kasurnya yang biasanya digunakan untuk tidur-tiduran, kadang sambil membaca-baca buku pelajaran majalah, dan lain-lain sehabis sekolah (kebiasaan waktu habis pulang sekolah saat SD, kebiasaan membaca dengan posisi kurang baik, tiduran^^). Yang jelas semuanya tentang tempat ini sangat berkesan.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tuesday, 20 May 2014

Desaku

Biarkan begitu saja,
Tetap begitu saja,
Menjadi desaku,
Desaku yang ku cinta

-Sumberejo, Ambulu 20 Mei 2014-

------------------------------------------------------

Dalam hidup ini ada hal-hal yang terkadang kita ingin hal tersebut tidak berubah, tapi bukankah kata pepatah satu-satunya hal yang tidak akan berubah dalam hidup ini adalah perubahan itu sendiri. Waktu perlahan namun pasti membawa wujud perubahan itu, meski begitu aku tetap berharap desaku masih tetap seperti dulu, dan misalnya berubah pengennya bisa berubah jadi desa yang makin jadi desa, makin banyak tumbuhannya daripada bangunannya, makin banyak ladang dan sawahnya daripada pertokoannya. Dan lain-lain... ^^

Bagi yang hidup di lingkungan perkotaan sepertiku, akan sangat terlihat bagaimana berbedanya hidup di desa dan di kota. Kota bising, akan lebih terdengar suara motor dan kendaraan lainnya, dari pada suara jangkrik, dan ternak (secara di kota mah gak ada sapi sama embek). Nah kalau di desa suara-suara hewan itu lebih banyak terdengar, kalau malam terdengar suara jangkrik, dan teman-temannya, nah kalau siang burung-burung bersahut-sahutan, serta garempong yang nambah kidmadnya suasana siang di pedesaan.

Wes, di desa bener-bener top markotop suasananya kalau untuk refreshing, jalan-jalan ke tegalan, menyebrang sungai yang dangkal saat kemarau, membantu memetik lombok di sawah, beramai-ramai menikmati semangka saat masa paneh di gubuk dengan teman-teman... Masih banyak lagi yang lainnya... Dan itulah yang suasana yang aku pengen tetep ada di desa.

Desaku yang ku cinta......

Anum :)

Monday, 19 May 2014

Kalimat yang Berkesan dalam Novel "A Walk to Remember"

Ada saat-saat aku berharap dapat memutar kembali jarum jam dan meniadakan semua kesedihan di sana. Namun perasaanku mengatakan bahwa kalau aku melakukannya, saat yang menyenangkan juga akan ikut hilang. Jadai aku menerima semua kenangan itu apa adanya, menerima semuanya, membiarkannya menuntunku setiap kali aku bisa. (Landon Carter)

Sumber gambar: www.google.com


Anum ^_^

Dari Buku" Markesot Bertutur Lagi"

"Guru kita adalah apa yang kita hadapi" (hal. 10)


Anum ^_^

Sunday, 18 May 2014

Motivator Menulis

Motivator, seorang yang memotivasi, nah kalau motivator yang ku maksud sesuai dengan judul di atas adalah sesuatu yang memotivasi. Jadi, lengkapnya adalah sesuatu yang memotivasi untuk menulis.

Siapa/apa motivator menulismu?
Tiap orang berbeda tentunya, kalau aku ada salah satu hal yang sangat membantuku untuk memunculkan semangat menulis ketika tiba-tiba males banget nulis, yaitu membaca kembali tulisan-tulisanku yang lalu, baik di blog, atau draf-draf cerpen yang terbengkalai belum rampung. Itu sangat memotivasiku untuk menulis kembali.


Anum ^_^

Kata-kata Pelepas Dahaga Hari Ini

"Menjadi seorang ibu itu gampang-gampang susah, tapi yang jelas sangat menyenangkan jikalau kita menikmatinya."

sumber gambar: www.supramistik.wordpress.com

Anum ^_^

Film Romantis yang Tidak Biasa : "The Times Traveler's Wife"

Lagi-lagi saya terpikat dengan film yang berbau Romantisme, tapi entahlah aku suka ide film ini. Film tentang penjelajah waktu dan keluarganya. Seorang istri yang setia meski keadaan suaminya suka menghilang tiba-tiba dan muncul tiba-tiba (namanya juga penjelajah waktu, bisa menghilang tanpa sebab ke waktu yang lain).

Menurutku inti dari kisah film ini secara keseluruhan adalah tentang kesetiaan seorang wanita menjadi istri seorang penjelajah waktu yang bisa menghilang kapanpun dan muncul kapanpun...

Sumber Gambar: cuminov.blogspot.com

Ana Nurul ^_^

Film Keluarga: Parental Guidance

Film ini cocok banget ditonton bersama keluarga. Seperti kata-kata bijak, "ambillah yang baik dari segala sesuatu", dan setiap kita nonton film ataupun drama harus begitu juga kan?! Mengambil pelajaran/ hikmah dari film tersebut.

Film ini menceritakan tentang hubungan antar anggota keluarga, antara seorang kakek dan nenek dengan anak serta cucu-cucunya. Dari keseluruhan film aku paling suka bagian mendekati akhir, saat mulai konflik dan penyelasaiannya, dimana kita sebagai seorang anak juga orang tua diingatkan akan suatu hal (lihat filmya kalau penasaran^^). Ada dialog yang masih kuingat isinya (meski gak detail sama persis dengan yang di film) kurang lebih isinya seperti ini: (dialog antara kakek dan anaknya yang juga sudah menjadi orang tua)...

Kakek :" dulu waktu kau kecil, aku merasa menjadi orang tua yang baik, aku tidak pernah mengatakan padamu,"kau tidak berguna." Seperti yang diucapkan ayahku padaku. Sampai kau pelan-pelan tumbuh menjadi gadis remaja, aku masih merasa menjadi orang tua yang baik. Ketika kau mulai kuliah, kau mulai banyak menghabiskan waktumu bersama teman-temanmu, dan jarang pulang, bahkan belakangan kau tidak pernah pulang, dan saat itu aku mulai merasa belum menjadi orang tua yang baik.
Saat menjadi orang tua jadilah orang tua yang baik bagi anak-anakmu, jangan biarkan mereka berpaling darimu dalam keadaan apapun."


Kurang lebih seperti di atas isi percakapannya, tapi sepertinya lebih tepat di sebut pesan, karena aku tidak menuliskan dialog anaknya^^. Intinya begitu. Sebagai seorang anak pesan di atas mengingatkan kita supaya tidak seakan menjauh (tanpa disadari mungkin) dari orang tua kita, dan sebagi orang tua kita dipeseni kalau orang Jawa bilang, supaya menjadi orang tua yang terbuka terhadap anak-anak kita, menjadi tempat bersndar mereka saat apapun, menjadi yang terdekat dengan anak-anak kita.

Semoga kita bisa menjadi anak yang baik bagi orang tua kita, dan juga orang tua yang baik untuk anak-anak kita... Aamiin...


Ana Nurul ^_^

Friday, 16 May 2014

Hujan di Siang Hari

Apa yang kamu pikirkan tentang hujan???

Banyak pastinya... Banyak hal yang kita pikirkan ketika hujan, jika dalam perjalanan dan punya jemuran di rumah pasti kepikiran sama jemurannya ^^, jika dalam perjalanan ke kondangan dan gak bawa jas hujan pasti berharap dan terus berdo'a semoga hujan cepat reda supaya gak basah baju yang dipakai, dan masih banyak lagi tentunya hal-hal yang kita pikirkan ketika hujan.

Hujan, terkadang ketika mengingat masa kecil ketika hujan, yang terekam di dalam benak adalah saat melihat hujan di deket jendela, berharap bisa keluar bersama teman-teman, berhujan-hujan ria, tapi tidak diijinin oleh Ibu tercinta, takut sakit katanya, namanya juga khawatir ^^. Jadi tatkala huja turun aku biasanya duduk di teras rumah sambil menengadahkan tangan menangkap rintik-rintik hujan, dan bermonolog ria, "bening sekali ya tetes air hujan ini, seperti embun," sambil sesekali menikmati segarnya air hujan yang turun... Setelah hujan reda selalu ada aroma tanah basah yang sering disebut, "petrichor", yang membuat suasana setelah hujan menjadi suasana yang sangat khas. Banyak yang merasakan itu kan??? Hampir semua orang mungkin. ^^

Hujan selalu bercerita pada kita, cerita masa kecil kita, juga masa sekarang kita. ^^


Ana Nurul ^_^

Biskuitnya Putriku

Ini adalah rekor, rekor untuk putri kecilku bisa menghabiskan biskuit beberapa buah, karena biasanya hanya dimakan coklat atau krim yang menembelkan biskuit itu. Baru kali ini ia habis 2 keping biskuit dan tidak bersisa, malah nambah biskuit yang ketiga. ^^

Jadi ingat waktu putri kecilku masih bayi (dibawah setahun) tapi sudah lebih 6 bulan, saat itu aku membelikannya biskuit sebagai pegangan dan cemilan, soale seneng banget gigit2, jadi bisa sambil ngemil.

Dan sekarang aku membelikan biskuit yang sama seperti waktu kecilnya dulu, dia masih suka ternyata, buktinya habis 2 potong biskuitnya. Apa dia ingat biskuit pas masih kecil dulu ya???!!! ^^ hmmmm... :)


Ana Nurul ^_^

Thursday, 15 May 2014

Yang Berkesan dari Buku "Cinta Melampaui Masa" bagian"Tiga Sungai Utama (Telu Batang Danum)"

"Waktu adalah sahabatku
Sering ia menjadi musuhku
Dari semua bentuk, ia adalah wajah paling jujur
Tentang kesetiaan"
(Tiga Sungai Utama -Telu Batang Danum-, hal. 35)

"Kebetulan bagi manusia, bukan kebetulan bagi Tuhan. Kita memulai semuanya dengan sadar. Papi tahu Mami banyak utang, Mami tahu Papi bukan orang kaya. Tapi kita memilih jalan kita."
(Tiga Sungai Utama -Telu Batang Danum- , hal. 48)

Modal hidup kami hanya satu: mimpi yang akan terus menyala.
(Tiga Sungai Utama -Telu Batang Danum-, hal. 48)

"... Membangun monumen mimpi-mimpi kami lewat tulisan. Tulisan akan kekal meski suatu saat kami tiada."
(Tiga Sungai Utama -Telu Batang Danum-, hal. 49)


Ana Nurul ^_^

Buku-Buku dari Pusda

Kemarin ke Pusda, dan meminjam 2 buku ini. Pertama buku "Cinta Melampaui Masa" yang berisi kumpulan kisah nyata hasil Kontes Inspirasi dan Harapan yang diadakan oleh penerbit Esensi. Dan yang kedua adalah buku "Supernova, Ksatria, Putri, dan Bintang jatuh" karyanya mbak Dee.

Ada beberapa hal yang membuatku memilih dua buku ini untuk kupinjam. ^^. Supernova nya mbak Dee karena aku penasaran, ketika membaca sedikit rangkaian kata-kata di dalamnya bagus banget, dan aku terpikat dengan buku ini.

Kalau buku "Cinta Melampaui Masa" aku terpikat setelah membaca blurbnya (info singkat di sampul belakang buku, yang dibuat untuk memancing agar pembaca penasaran dan tertarik untuk membaca atau membeli buku tersebut). Berikut cuplikan blurb tersebut:

"Kebetulan bagi manusia, bukan kebetulan bagi Tuhan. Kita memulai semuanya dengan sadar. Papi tahu mami banyak utang. Mami tahu Papi bukan orang kaya. Tapi kita memilih jalan kita."...... (Tiga Sungai Utama - Telu Batang Danum-)

"Aku juga terluka. Dan kurasa sekarang aku mau jadi temanmu dulu sampai kamu siap, sampai aku yakin bahwa kali ini kamu serius dan tidak lari lagi. Aku sabar menunggu, tapi kadang aku capek." (Untung Ada Bintang)
..............

Demikianlah cuplikan blurp yang membuatku tertarik untuk membac buku "Cinta Melampaui Masa".


Ana Nurul ^_^

Tuesday, 13 May 2014

Segelas Kopi di Pagi Hari

Apa yang kamu pikirkan ketika terbersit ingatan akan kopi di pagi hari?
Aku ingat kisah Syalimah dan Zamzami di novelnya Andrea Hirata "Cinta di Dalam Gelas". Cuplikan dalam novel yang berkesan sebagai berikut:
"Syalimah berkisah tentang Zamzami, ayah mereka. 'Ia adalah lelaki yang baik dengan cinta yang baik. Jika kami duduk di beranda, ayahmu mengambil antip dan memotong kuku-kukuku. CINTA seperti itu akan dibawa perempuan sampai mati'." (Cinta di dalam Gelas, hal 10)
"Jika kuseduhkan kopi ayahmu menghirupnya pelan-pelan lalu tersenyum padaku." Meski tak terkatakan.... Senyum itu adalah ucapan saling berterima kasih antara ayah ibu mereka untuk kasih sayang yang balas-membalas, dan kopi itu adalah CINTA di dalam GELAS.
(Cinta di dalam Gelas, hal : 11)
Dan "Cinta di dalam Gelas" menjadi judul novel dari Andrea Hirata tersebut, meski kisah keseluruhan lebih banyak tentang budaya melayu seolah-olah ia ingin meninggalkan kesan yang dalam dari kisah Syalimah dan Zamzami.
Kita akan sering menjumpai cinta seperti itu kalau kita cermat terhadap lingkungan sekitar kita, cinta yang tidak diungkapkan dengan kata-kata, tapi dengan bentuk lain (senyum, perhatian, dll) dan tidak mengurangi sedikitpun makna cinta. Dan di suatu waktu kita sedikit demi sedikit lebih memahami cinta.
Itu adalah salah satu bahasan tentang segelas kopi.
Segelas kopi, kenapa tidak secangkir kopi? Cangkir ataupun gelas tetap sama isinya kopi, aku kadang menjumpai kopi yang malah wadah kopinya gelas kaca bening itu. Hehehe... Jadi ingat pas masih merantau kalau membuat kopi ya pakai gelas bukan cangkir, dan untuk meminumnya harus nunggu sampai gak terlalu panas tuh kopi (melatih kesabaran). ^^ Kalau memakai cangkir lebih enak, karena ada pegangannya, jadi lebih mudah ketika menuangkan ke dalam lepek.
Oh, iya kita kembali lagi ke kopi, apalagi yang kamu ingat tentang kopi?
Aku ingat juga salah satu bagian di novelnya Andrea Hirata, yang cuplikannya sebagai berikut:
"Mereka yang menghirup kopi pahit, umumnya bernasib seperti kopinya. Makin pahit kopinya, makin berliku-liku petualangannya. Hidup mereka penuh untaian marabahaya. Cinta? Berantakan. Istri? Pada minggat. Kekasih? Berkhianat di atas tempat tidur mereka sendiri! Bayangkan itu. Bisnis? Kena tipu. Tapi mereka tetap mencoba dan mencipta. Mereka naik panggung dan dipermalukan. Mereka menang dengan gilang gemilang. Mereka lalu kalang dengan tesuruk-surut. Mereka jatuh, bangun, jatuh dan bangun lagi. Dalam dunia pergaulan zaman modern ini, mereka disebut para players."
Setiap menyeduh kopi, aku kadang teringat dan bertanya-tanya, apa benar ya semakin pahit kopinya, menunjukkan jati diri seseorang seperti dalam novel Andrea? Kopi pahit adalah kopinya para player, yang suka menantang hidup, yang hidupnya gak biasa-biasa saja.
Yang jelas setiap membuat kopi aku teringat dengan filosofi-filosofi kopi yang disebut dalam novelnya itu.

Ana Nurul ^_^











Monday, 12 May 2014

Lirik Lagu Letto : "Memiliki Kehilangan"

Song/lirik by Noe Letto

Tak mampu melepasnya walau sudah tak ada
Hatimu tetap merasa masih memilikinya
Rasa kehilangan hanya akan ada...
Jika kau pernah merasa memilikinya...

Pernahkah kau mengira kalau dia kan sirna
Walau kau tak percaya dengan sepenuh jiwa
Rasa kehilangan hanya akan ada
Jika kau pernah merasa memilikinya

Sumber: lirik lagu Letto di kasetnya

Ana Nurul ^_^

Sunday, 11 May 2014

Selalu Ada yang "Istimewa"

"Selalu ada yang istimewa tiap hari kita ^^"

.................................

Kalimat bijak hari ini:

"Apa yang terjadi pada kita hari ini adalah bagian dari rencana-Nya, dan yakinlah jalan kita sekarang menuntun kita ke sesuatu yang lebih besar, karena itu teruslah berusaha sebaik mungkin."


Ana Nurul ^_^

Saturday, 10 May 2014

Waktu Jeda

Sesuatu yang aku sukai, waktu jeda. Suatu waktu untuk mengisi blog, menulis yang ingin ditulis, meski terkadang isi tulisan ya begitu-begitu saja, tetap saja aku sangat senang melakukannya.

Waktu jeda, sebagian orang mungkin seneng sekali dan memperdalam dunia blogging, dan sebagian lagi seperti saya, mengisi blog di suatu waktu, yaitu waktu jeda. Aku mengganti nama blog ini menjadi, satu jeda, karena memang ingin menceritakan bagaimana blog ini ditulis, ditulis di saat-saat jeda.

Sebagai ibu rumah tangga banyak hal yang jadi prioritas, jadi ngeblog pun bisanya di waktu-waktu tertentu, seperti waktu anak sudah tidur, saat pekerjaan rumah selesai, saat mengisi waktu menunggu suami pulang, dan saat-saat kesibukan tidak menghampiri intinya. ^^

Jadi dalam ngeblog "jeda" waktu dalam kesibukan sungguh sangat berharga, moment untuk merangkai kata dalam sebuah tulisan. Yang punya banyak waktu luang tentu bisa dengan leluasa ngeblog, karena itu yang punya waktu luang gunakan sebaik-baiknya untuk berbagi, berbagi hal-hal yang positif tentunya.

Selamat ngeblog, jika sibuk sempatkan mampir barang sebentar di tiap "waktu jeda kita" ^^.


Ana Nurul ^_^

Friday, 9 May 2014

Ilang...

Menulis dan setelah diedit sana sini tinggal nambahin sedikit aja pelengkap, eh ilang semua... Nah hayooo... Hpnya gak ada ricycle bin nya pula... Ilang wes tuh tulisan... Harus nulis lagi sepertinya ^^


Ana Nurul ^_^

Sawah di Sore Hari (Gambar 2)

Gambar sawah yang kuambil bersama dengan gambar sebelumnya (posting sebelumnya). Diposting terpisah tapi tetap bagus kan.

Sawah di sore hari ^^



Ana Nurul ^_^

Sawah di Sore Hari

Sawah di sore hari selalu memikat hatiku, bagaimana tidak kalau menakjubkan sekali seperti ini. Ini saja diambil dengan kamera hp seadanya, bukan kamera profesional ^^, kalau pakai kamera profesional pasti tetep saja sangat-sangat bagus^^.

Foto ini kuambil saat dalam perjalanan dari rumah budhe di pontang, ini sawah di daerah Langon, Ambulu.

Bagus banget kan ^^.


Ana Nurul ^_^

Bersyukur ^^

Pernah membaca kalimat yang bunyinya begini, "lihatlah yang di bawah kita agar kita bisa merasa bersyukur". Ya kata-kata itu selalu ampuh untuk kita ingat saat kita mau mengeluh, benar kan??? Kalau gak begitu bisa jadi kita terus melihat yang kurang dari hidup kita, padahal disamping kekurangan itu ada begitu banyak hal yang sebenarnya kita akan bersyukur dengan hal-hal itu, sampai-sampai hal-hal itu jika kita hitung pasti akan capek.

Ingat satu ayat dalam Al Qur'an surat Ar-Rohman ayat 13, yang terjemahannya sebagai berikut:

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Sebuah ayat yang membuat kita berkaca dan menelaah lebih dalam dari kita. Menjawab pertannyaan ayat 13 Surat Ar-Rohman tersebut, memabangunkan kita dari tidur berselimutkan keluhan-keluhan, sudahkan kita bersyukur??? Dengan berbalut nikmat begitu banyak dalam hidup, sudahkah kita bersukur???

Tulisan ini juga pengingat bagi yang nulis. ^^


Sumber Gambar: www.whattalking.com


Ana Nurul ^_^

Thursday, 8 May 2014

Drama yang Nambah Semangat Nulis ^^ : "The Carrie Diaries

Ini adalah salah satu drama tv yang sangat menarik bagiku. Drama ini menceritakan kehidupan remaja seorang Carrie Bradshaw, seorang remaja yang punya minat yang tinggi pada tulisan, dan sudah jelas sekali ia senang sekali menulis. Saat menuliskan diarynya itulah yang paling menarik bagiku, di tiap akhir cerita ada narasi dari Carrie yang isinya adalah tulisannya di diary itu. Bagaimana ia belajar banyak hal dari peristiwa-peristiwa yang terjadi padanya, menuliskan bagaimana hubungannya dengan orang sekitarnya, bagaimana ia menjalani hidup setalah kepergian ibunya, bagaimana menghadapi adiknya yang suka memberontak, dan masih banyak lagi.

Yang jelas aku suka sekali bagian ia menulis diarynya yang ia narasikan itu. Membuat hal yang terjadi setiap hari menjadi hal yang istimewa karena begitu apik menuliskannya, dan dari situpun ia belajar mengenali hidup, memasuki dunia yang menjadikannya semakin dewasa. Menarik sekali wes drama ini menurutku.

Drama ini juga tidak lepas dari cerita seputar kehidupan remaja Amerika masa itu, jadi jelaslah drama ini gambarannya ya kehidupan orang barat yang budayanya beda dengan budaya timur. Jadi, kalau menonton harus pintar-pintar menyaring mana yang baik dan mana yang kurang baik.

Sumber gambar: www.justjared.com
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Monday, 5 May 2014

Memanggil Seseorang dengan Panggilan yang Sesuai

Gimana menyebutnya ya... Bisa di sebut etika atau norma, yang jelas judul di atas itu adalah suatu peraturan tidak tertulis yang sangat harus perlu diketahuai oleh semua orang lah kalau bisa ^^.

Aku pertama kali tahu hal itu ketika mendengarkan suatu percakapan, ya percakapannya tak jauh beda lah temanya dengan judul di atas, yaitu tentang pentingnya memanggil seseorang dengan panggilan yang sesuai. Ya bayangkan saja kalau kita dipanggil dengan panggilan yang gak sesuai pasti rasanya pengen ngunci mulutnya yang manggil, misalnya kita masih muda tuh sudah dipanggil ibu, atau lebih parah mbah... Apa kita senang??? Tentu lah kalau panggilan itu gak sesuai ada suatu yang gak kita suka, ya panggilan itu. Nah, begitu juga saat kita memanggil orang, panggilah dengan panggilan yang sekiranya orang tersebut senang, sesuaikan, sesuaikan, sesuaikan. ^^


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Seram yang Berakhir Tawa ^^

Kejadiannya tadi malam, saat aku tengah malam ke kamar mandi yang letaknya kebetulan berdekatan dengan dapur. Suasananya sangat sepi, karena itu aku minta anter suami.

Eh, tiba-tiba selesai dari dapur suamiku lari, katanya ada benda yang tergantung di tembok gerak-gerak sendiri, kontan saja aku ikut takut dan berlari. Setalah nyampek di dalam rumah aku tanya benda apa yang gerak-gerak sendiri itu. Suamiku jawab kalau parutan yang dicantolin di tembok yang gerak-gerak sendiri padahal benda di sekitarnya gak ada yang bergerak. Aku serius mendengarkan cerita suamiku, dan di akhir cerita dia dengan enaknya bilang kalau benda yang bergerak tadi itu karena kesenggol sama cicak. Hmmmmm... Ku kira bener-bener cerita seram, ternyata guyonan. ^^


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Nilai Spiritual

Waktu kapanane lihat pengajian di TV ada hal yang menarik, yaitu pesan tentang nilai spiritual. Dan contohnya misalnya kita melaksanakan sholat dhuha tiap hari dalam waktu yang lama dan tetep tidak kaya-kaya, seharusnya kita tidak begitu, mengharap sesuatu yang kita lakukan secara spiritual dengan mengharap imbalan materi. Jadi, tetaplah menjalankan ibadah sholat dhuha meski suatu materi gak datang menghampiri, karena suatu itu nilainya gak hanya materi melulu, tapi ada yang lebih dari itu yaitu nilai spiritual.

Semoga kita bisa menjadi orang yang tidak metrealistis melulu, mengharapkan materi melulu dari suatu apapun, semoga... Semoga kita bisa menjadi hamba yang hidup dalam spiritualisme.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Sunday, 4 May 2014

Insting Perempuan

Waktu SMA dulu ada seorang temanku yang bilang kalau insting / felling seorang cewek / perempuan itu kuat dan biasanya benar. Temanku punya keyakinan gt, belum tanya lebih lanjut sumbernya dia dari mana, tapi ia selalu percaya dengan teman-teman cewekny kalau dalam hal insting, ia akan memilih A jika teman-teman yang cewek bilang, pun begitu seterusnya. Mungkin ia dapat hal itu dari ibunya.

Sejak mendengar tentang "felling perempuan selalu kuat", aku terkadang ingin membuktikannya. Dan terbuki beberapa kali pendapatku sesuai fellingku benar akan sesuatu.

Suatu ketika aku jadi berpikir kenapa felling/insting perempuan bisa kuat terhadap suatu hal, dan ketemulah salah satu hasil pemikiranku, itu semua mungkin karena felling dan istingnya telah dilatih dari hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari, seperti saat memberi gula pada kopi/ the, saat memberi garam pada masakan, juga ukuran bahan makanan dalam memasak, semua dikerjakan sesuai takaran insting/ felling. Apakah nanti akan manis, asin, dan pas, felling yang berperan. Kalau saja misalnya kita belum mahir masak, kita pasti ragu akan hasil masakan kita enak atau tidak, dan felling kita pasti juga bisa menebak bagaimana rasa makanan itu.

Dan dari kesemuanya menurutku yang membuat insting/ felling perasaan perempuan lebih kuat karena memang perempuan dominan menggunakan hal itu dalam kehidupannya dibanding dengan pemikiran logis.


Sumber gambar: physics-and-world.blogspot.com

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Jeda Nulis

Jeda nulis, sebutanku untuk berhenti sejenak tidak menulis, yang biasanya terjadi saat mengalami writer's block (mandeg nulis). Kadang sering kecewa ketika mengunjungi blog langganan yang memuat cerita dan berkali-kali berkunjung belum ada postingan terbaru. Setalah menunggu lama, lama, dan lama belum juga ada postingan terbaru lanjutan dari cerita postingan sebelumnya, "kenapa gak upadate-update ya???? ... Padahal banyak yang sudah penasaran dengan ceritanya... Juga bagus banget ceritanya, sayang kalau gak dilanjutkan...

Setalah mempunyai blog sendiri, akhirnya aku jadi tahu bagaimana seorang blogger bisa gak rutin upadate, ada banyak sebab tentunya, dari hal yang biasa sampai memang luar biasa. Yang biasa memang sedang kena writer's block alias mandeg ngeblog, gak ada ide, atau memang ide ilang ketika mau ditulis, banyak sebab wes intinya. Dan hal-hal tersebut adalah suatu yang tak terhindarkan. Sebagian blogger akan melawannya, sebagian lagi mengikuti arusnya, ya semua tergantung pribadi masing-masing. Kita termasuk kelompok yang mana??? ^^

Meski begitu, aku sangat kagum dengan seorang penulis/ blogger yang memang sangat memperhatikan para pengunjung blognya, pembaca tulisannya, yang meski banyak hal membuat mereka kesulitan untuk ngepost (baik karena ide atau mood) mereka tetep ngepot meski gak sesering biasanya. Yang pasti, mereka berusaha keras agar pengunjungnya gak terlalu kecewa menanti tulisannya ketika mengunjungi blognya.

Semangat para penulis juga para blogger yang tetep aktif nulis meski banyak halangan juga keterbatasan. ^^


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Friday, 2 May 2014

Film yang sangat Inspiratif :"The Billionaire"

Film Thailand ini adalah salah satu film yang sangat inspiratif. Aku menontonnya kemarin di KompasTV. Film ini sangat cocok ditonton siapa saja, terutama yang sedang dalam masa perjalanan dan ujian panjang mengembangkan usahanya.

Mencertakan tentang jatuh bangun seorang Top Ittipat membangun usahanya sendiri hingga akhirnya ia sukses menciptakan snack rumput laut yang terkenal dengan nama "Tao Kai Nei", yang belum tahu silahkan jalan-jalan ke minimarket yang sudah menjamur dimana-mana ind****rt atau al****rt atau juga mall-mall, pasti ketemu lah sama snack yang satu ini. Aku pernah membelinya karena penasaran dengan rasanya karena berkali-kali liat waktu belanja, sebelum lihat film ini dulu.

Kesuksesan Top ternyata gak serta merta didapatnya dengan mudah mengajarkan pada kita bahwa kesuksesan yang ingin kita peroleh haruslah kita usahkan dengan kerja keras yang sungguh-sungguh dan tidak putus asa ketika jatuh juga dibarengi do'a tentunya.

Dari keseluruhan, film ini benar-benar wajib ditonton bagi yang mulai putus asa dengan usahanya berwiraswasata.

Semoga bermanfaat.


Sumber gambar: astridkhairina.blogspot.com

Powered by Telkomsel BlackBerry®