Monday, 23 June 2014

Membuat Cilok

Tahu cilok? Yang belum tahu ayuk mampir ke Jember, banyak cilok di sini... Cilok itu seperti bakso bulet kecil-kecil, kalau makan pakai bumbu kacang plus kecap dan sambel lombok, maknyussss... Lezatnyo tiada tara... Gak da duanya, maklum salah satu penggemar berat cilok. Kalau di jember banyak banget cilok enak, mulai dari cilok yang mangkal, sampai cilok yang keliling dan kebetulan lewat depan rumah, banyak yang uenak-uenak... ^^ salah satu yang paling favorit adalah cilok mama, yang biasanya ada di depan masjid jami'.

Oh iya, kembali ke acara membuat cilok. Jadi ceritanya begini, waktu pulang ke ambulu jarang banget nemuin tuh pak cilok, padahal biasanya banyak, karena anak sekolah libur mungkin jadi pak ciloknya gak lewat, ada sich yang mangkal tapi jauh, adanya di pasar desa yang jauh dari rumah. Saking kepengennya cilok akhirnya aku buat cilok sendiri di rumah, dengan kemampuan seadanya dan resep yang dikira-kira jadilah cilok rasa kanji ^^, ya si koki pembuatnya yaitu aku, salah perkiraan dalam mencampurkan bahan-bahan. Aku mencampur tepung kanji dan terigu dengan komposisi yang sama, jadilah kanji yang mendominasi, ini bisa dibuat pembelajaran bagi siapa saja yang pertama kali membuat cilok, yaitu tepung terigunya harus lebih banyak dari terigu.

Bingung buat bumbu ciloknya, mudah saja, lagi-lagi dikira-kira, pakai garam sama bawang putih dan sedikit merica bubuk, tambahkan sledri kalau ada dan bawang daun, campur semuanya, terus dicetak bulet-bulet masukkan dalam air mendidih sampai matang. Oh iya kalau ada daging bisa juga campurkan daging ke dalam adonan cilok, rasanya pasti ueennnaaaakkkk.


Anum

No comments:

Post a Comment