Wednesday, 25 June 2014

Wayang Kulit

Wayang kulit adalah salah satu kesenian tradisional bangsa kita. Di beberapa stasiun tv lokal masih ada yang nayangin acara wayang, kalau di tv-tv nasional sepertinya masih jarang.

Wayang harusnya di lestarikan, karena di jaman sekarang aku jarang sekali nemuin acara wayang live di depan mata. Tidak seperti saat aku masih kecil, tinggal di desa membuatku sering sekali nemuin acara-acara Wayang ini, apalagi kalau musim nikahan dan khitanan, bisa bergilir antar kampung. Dan acaranya di jamin membludak. Ya jaman itu, tv masih belum sebanyak sekarang yang punya, jadi ketika ada hiburan live seperti wayang di jamin banyak sekali pengunjungnya. Wayang adalah kesenian tradisional yang memang sudah akrab di masyarakat kita terutama jaman mbah-mbah kita.

Jaman sekarang wayang sepertinya semakin sepi peminat, mungkin salah satu sebabnya ya ketika menonton gak tahu ceritanya, karena mbah-mbah kita gak marisi cerita soalnya sudah jarang sekali ada pementasan wayang akhir-akhir ini.

Ya, semoga ke depan kesenian wayang kulit bisa bangkit lagi, bisa dikenal lagi oleh masyarakat seperti saat jaya-jayanya dulu. Semoga, banyak regenerasi calon dalangnya, juga bertambah banyak para peminatnya.


Anum

No comments:

Post a Comment